BREAKINGNEWS.CO.ID - Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya mengklaim sudah siap mengawal pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih 2019-2024, Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang jatuh pada 20 Oktober 2019 mendatang.
 
"Pertama, saya sampaikan pada prinsipnya untuk pelantikan tanggal 20 besok, Polri sudah siap, untuk mengamankan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jumat (18/10/2019).
 
Meski mengklaim sudah siap memberikan pengamanan, diharap masyarakat bisa turut serta menyukseskan dengan cara menjaga sikap mengingat kegiatan sendiri dilihat bahkan dihadiri oleh pimpinan negara lain kemudian dan media asing. Maka dari itu, dia mengajak masyarakat kiranya bisa menjadi contoh bagi negara lain.
 
Lebih lanjut dia menegaskan aparat gabungan menjamin kalau tidak akan terjadi keributan. Sementara untuk pengalihan arus sendiri telah disiapkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Pasalnya penutupan jalan di kawasan Gedung DPR/MPR RI, Tanah Abang, Jakarta Pusat telah ditutup sejak Kamis 17 Oktober-20 Oktober 2019 nanti.
 
"Kami tadi sampaikan bahwa kami butuh partisipasi untuk semua didalam acara konstitusional ini, sejarah setiap lima tahunan pelantikan Presiden dan Wapres," ujarnya.
 
Berikut ini pengalihan arus yang telah disiapkan polisi:
 
1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto menuju Gedung DPR/MPR dibelokkan ke kiri Jalan Gerbang Pemuda
 
2. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gatot Subroto arah barat, putar balik di kolong layang Ladogi ke Jalan Gerbang Pemuda
 
3. Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di offramp Pulo Dua, diluruskan ke arah tol Tomang
 
4.  Pojokan Manggala Wanbakti dari Timur ke Barat mengarah traffic light Slipi dan yang mengarah Stasiun Palmerah ditutup
 
5. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur menuju Jalan Gelora  diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar
 
6. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika menuju Jalan Gelora dibelokkan ke kanan Jalan Gerbang Pemuda
 
7. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora dibelokkan ke kiri Jalan Asia Afrika.