BREAKINGNEWS.CO.ID-Chelsea bersiap menjamu Tottenham Hotspur, Jumat (25/1/2019) dini hari WIB nanti di Stamford Bridge, untuk leg kedua babak semifinal Carabao Cup 2018/19. The Blues harus bisa membalikkan keadaan jika ingin menjungkalkan rival sesama London ini dan lolos ke partai puncak.

Manchester City yang sudah menunggu di final setelah mencatatkan kemenangan dengan agregat 10-0 atas tim Divisi III, Burton Albion. Setelah mencukur Burton Albion 9-0 pada semifinal pertama dua pekan silam di Etihad Stadium, The Citizens hanya unggul 1-0 saat dijamu Burton Albion di semifina kedua Kamis (24/1) dini hari WIB tadi di Firelli Stadium.

Pada laga Chelsea vs Hotspur, di semifinal pertama di Wembley Chelsea menyerah 0-1 oleh gol tunggal Harry Kane yang tercipta dari titik 12 pas. Namun striker utama Tottenham itu takkan main di leg kedua semifinal ini.

Kane mengalami cedera ligamen engkel saat timnya dikalahkan Manchester United di Premier League dan harus menepi setidaknya hingga akhir Februari nanti. Tak cukup sampai situ, Tottenham juga kehilangan Dele Alli minimal selama sepuluh laga ke depan gara-gara cedera hamstring yang didapat saat menang atas Fulham di Premier League akhir pekan kemarin.

Selain Kane dan Alli, Tottenham pun belum bisa diperkuat Son Heung-Min yang sedang melakoni tugas internasional. Ini benar-benar situasi yang mencemaskan. Pasalnya, Kane dan Son adalah dua pemain mereka yang paling tajam.

Tottenham bakal berharap banyak pada Christian Eriksen sebagai salah satu tumpuan utama di lini tengah. Chelsea harus memanfaatkan krisis pemain Tottenham ini untuk coba membalikkan defisit agregat.

Chelsea baru saja dipukul Arsenal 0-2 di liga. Banyak hal yang perlu segera dibenahi oleh sang manajer Maurizio Sarri, terutama mentalitas dan semangat tarung pasukannya.

Chelsea memiliki pemain-pemain berkualitas, salah satu skuat terbaik di Inggris saat ini. Namun itu takkan ada gunanya jika mereka tak mampu mengeluarkan kemampuan terbaik.

Chelsea butuh dedikasi dan totalitas para pemainnya, terutama sang bintang Eden Hazard. Itulah yang dapat membawa mereka memenangi setiap pertandingan. Dengan itu, Tottenham pasti bisa disingkirkan.

Saat ini, Tottenham berada dalam form yang lebih baik. Hanya saja, badai cedera mengganggu persiapan mereka untuk laga penentuan di Stamford Bridge ini.

Chelsea belakangan ini memang agak angin-anginan. Meski begitu, dengan skuat lebih lengkap, juga didukung faktor kandang, Chelsea punya semua yang dibutuhkan untuk membalikkan defisit agregat dan memastikan satu tempat di final.

Dalam situasi sekarang, Tottenham bisa saja main lebih bertahan demi mempertahankan keunggulan. Bagi Chelsea, ini bisa jadi sebuah ujian kesabaran.

Namun selama pemain-pemain terbaik mereka, khususnya Hazard, bisa berkonsentrasi penuh dan memberikan performa optimal, Chelsea seharusnya mampu menyingkirkan Tottenham.

Dari head to head kedua tim, pada total 162 pertemuan, Chelsea mencatatkan 68 kemenangan, sementara Hotspur 54.

Lima laga terakhir Chelsea vs Tottenham Hotspur:

9-1-2019-Piala Liga: Tottenham 1-0 Chelsea
25-11-2018-Liga Primer: Tottenham 3-1 Chelsea
1-4-2018-Liga Primer: Chelsea 1-3 Tottenham
20-8-2017-Liga Primer: Tottenham 1-2 Chelsea
22-4-2017-FA Cup:  Chelsea 4-2 Tottenham.