BREAKINGNEWS.CO.ID - Kompetisi sepakbola kasta tertinggi Tanah Air, Liga 1 2019 resmi dirilis. Kickoff tersebut akan berlangsung tanggal 15 Mei 2019 mendatang dengan memanggungkan 306 pertandingan hingga 10 Desember 2019.

Acara peluncuran Liga 1 2019 itu dilakukan di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2019). Dalam acara tersebut hadir Direktur Utama Sementara PT Liga Indonesia Baru (LIB) Interim, Dirk Soplanit, Sekretaris Jenderal Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Sekjen PSSI), Ratu Tisha Destria, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto, dan lainnya. 

Dalam sambutannya, Dirk menegaskan bahwa Liga 1 2019 dipastikan kickoff pada 15 Mei 2019 dengan titel Shopee Liga 1 2019. Dia berharap kompetisi tahun 2019 ini berjalan lebih baik dari musim lalu. "Setelah melewati proses dan menyita waktu, akhirnya kompetisi Liga 1 2019 dipastikan mulai 15 Mei, kompetisi tertinggi Shopee Liga 1 2019. Kami berharap kompetisi akan berjalan lebih semarak, kompetitif dibandingkan sebelumnya," ujar Dirk dalam pidatonya. 

Shopee sebagai sponsor utama mengungkapkan keputusannya memberi dukungan kepada Liga 1 2019 karena tertarik mendukung sepakbola tanah air. Meskipun suasana kompetisi sempat dihantui banyak masalah, akan tetapi tidak mengganggu rencana Shopee untuk bekerja sama dengan Liga 1. "Kami, Shopee, senang hati berkomitmen menjadi sponsor utama Liga 1. Kami paham suasana kurang kondusif, tapi tidak menyurutkan niat kami. Kami juga perusahaan muda belum ada lima tahun. Masuknya Shopee ke Liga 1 diharapkan membawa dampak baru bagi sepakbola Tanah Air. Kami akan berusaha membawa perubahan setiap pertandingan," ujar Pandu.

Liga 1 2019 akan kickoff pada 15 Mei dengan mempertandingkan 306 laga yang akan disiarkan langsung di Indosiar, bersama O Channel dan live streaming di vidio.com. "Seluruh pertandingan akan kami tayangkan di grup kami, di Indosiar 160 pertandingan yang live di Indosiar, 78 laga di O Channel sisanya di vidio.com secara live streaming. Sebagai grup memegang hak siar Liga 1, kami berusaha maksimal agar Shopee Liga 1 bisa diterima masyarakat," kata Harsiwi.

Puncak acara peluncuran tersebut adalah perkenalan jersey dari 18 klub Liga 1 2019 yang diperagakan oleh pemain. Di antaranya, gelandang Bali United, M Taufiq, Indra Kahfri dari Bhayangkara FC, Jaimerson Xavier daro Madura United, Rachmat Irianto dari Persebaya Surabaya, Abanda dari Kalteng Putra, Beckham Putra dari Persib Bandung, Dede Sulaiman dari Persipura Jayapura.