BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas U-16 Indonesia sukses memulai fase Grup G babak Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 dengan performa menjanjikan. Bermain di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2019), tim besutan Bima Sakti Tukiman itu berhasil mempermalukan Filipina dengan skor telak, empat gol tanpa balas.

Dengan raihan tiga angka ini, Indonesia berhasil menggeser Filipina untuk menampati urutan kedua Grup G. Pasukan Bima unggul produktivitas gol dari Filipina yang sudah melakoni dua laga dan turun ke urutan ketiga. Sebelumnya, anak-anak asuhan Roxy Dorlas itu menang 7-0 atas Kepulauan Mariana Utara pada laga perdana kualifikasi Piala Asia 2020. Kali ini, Filipina dibuat tidak berdaya meladeni perlawanan Garuda Asia, julukan Timnas U-16 Indonesia. Bermain di depan publik sendiri, Indonesia sempat mengalami kesulitan untuk mencetak gol selama setengah jam jalannya laga babak pertama.

Akan tetapi, situasi itu berubah setelah Garuda Asia mampu memecah kebuntuan pada menit ke-36. Adalah Ahmad Athallah yang akhirnya berhasil menjebol gawang Filipina lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Dengan beberapa sentuhan, Athallah melepaskan tembakan yang meluncur cukup deras ke arah pojok kanan gawang Filipina, yang dikawal oleh Emmanuel Martin. Gol tersebut sekaligus mengubah papan skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia. Itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta sepanjang babak pertama.

Belum genap satu menit babak kedua dimulai, Indonesia kembali bisa menambah keunggulan, lewat aksi Marselino Ferdinan. Memanfaakan umpan tarik, Ferdinan sukses melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang menembus jala tim tamu, sekaligus mengubah papan skor menjadi 2-0. Merasa belum puas, Indonesia kembali menambah keunggulan, berkat gol Alfin Lestaluhu pada menit ke-51. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Filipina, Alfin berhasil melepaskan tembakan dari sudut sempit yang menghujam jala Filipina, sekaligus mengubah papan skor menjadi 3-0.

Usaha Indonesia untuk terus menjadikan Filipina sebagai lumbung gol, tidak berhenti. Pada menit ke-77, pasukan Bima Sakti kembali mampu menambah keunggulan, berkat aksi pemain pengganti, Wahyu Agung. Memanfaatkan bola ribon yang sempat membentur tiang gawang, Wahyu yang lepas dari kawalan para pemain belakang Filipina, berhasil melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti untuk menghujam gawang Filipina yang sudah tidak terkawal. Gol yang mengubah papan skor menjadi 4-0 untuk keunggulan Indonesia itu pun bertahan hingga laga bubaran.

Hasil ini tentunya mennadi modal positif bagi pasukan Bima untuk menghadapi Kepulauan Mariana Utara pada Rabu (18/9) mendatang. Sementara Filipina bakal menghadapi Cina pada hari yang sama. Pada laga sebelumnya di hari yang sama, Brunei Darussalam sukses menggilas Kepulauan Mariana Utara dengan skor 5-1. Hasil itu membuat Brunei bertengger di posisi keempat dari dua laga, disusul juru kunci, Mariana yang belum meraih satu pun angka dari dua laga.

Susunan pemain:

Indonesia (4-3-3): I Made Putra Kaicen, Alfin Lestaluhu, Kadek Arel, Marcell Januar, Alexandro Felix, Resa Aditya, Muhammad Valeron, Marselino Ferdinan, Elvateeh Varesia, Raka Cahyana, Ahmad Athallah.

Filipina (3-5-2): Emmanuel Martin, Zachary Taningco, David Nicolo, Eugene Tillor, Mark Davidas, Sam Rudolfo Taylor, Kamil Jaser Amirul, Arun Jr, Enzo Courbet, Simon Andrei Del Campo, Uriel Dalapo.