BREAKINGNEWS.CO.ID-Ketua KONI DKI Jakarta Jamhuron P.Wibowo mengharapkan pegulatnya menuai hasil terbaik di hari terakhir babak Prakualifikasi PON XX/2020 yang dilangsungkan Selasa (5/11/2019) ini di GOR Jakarta Timur, Otista.

"Tentunya itulah harapan kita bersama. Ada tambahan pegulat yang lolos dari Pra PON ini. Oleh karena itu, kobarkan terus semangat bertanding," ungkap Jamhuron P.Wibowo, Selasa pagi.

Dia menyebutkan, komunitas gulat DKI Jakarta tentunya mengharapkan lebih dari tiga pegulat yang lolos dari Pra PON 2019 ini. Jamhuron mengingatkan target meloloskan sebanyak mungkin pegulat untuk bertanding di Papua tahun depan. "Memang berat, karena daerah-daerah lainnya juga mengharapkan hal yang sama, tetapi itu harus diperjuangkan," tegas Jamhuron.

Setelah berturut-turut meloloskan Andika Sulaeman di hari pertama Pra PON, Sabtu (2/11), kemudian Nur Rusli dan Rudyansyah di hari kedua, Minggu (3/110, di persaingan hari ketiga, Senin (4/11), DKI Jakarta gagal menambah jumlah pegulat yang lolos ke Papua.

Ardibel Silaban di kelas 57kg gaya bebas, Rizky Darmawan di kelas 74kg gaya bebas, Yehezkiel Hasiholan Pardede di kelas 97kg gaya bebas, serta Yusihina Pertiwi di kelas 62kg gaya bebas putri dan Tin Tin Jupartini di kelas 68kg gaya bebas putri, gagal meloloskan diri.

Di antara kelimanya,  hanya Tin Tin Jupartini yang mampu melenggang hingga babak repecharge. Namun Tin Tin Jupartini harus mengakui keunggulan Nidha Jeyan Nurridha dari Jabar, yang menguncinya di detik 22. Tin Tin bahkan sempat memperoleh perawatan karena kesakitan di bagian perutnya. Cedera juga dialami Rizky Darmawan.

Kekalahan di babak repecharge 3-5 itu membuat Tin Tin hanya menempati peringkat kelima, di bawah Desi Sinta (Banten), Alfia Kurniawati (Jatim), Indha Jeyan Nurridha (Jabar), dan Tasya Fatimah (Kaltim).

Dari empat kelas yang digelar di hari terakhir persaingan, yakni 65kg, 86kg dan 125kg gaya bebas putra dan 76kg gaya bebas putri, DKI Jakarta memburu peluang di kelas 65kg melalui Eriksson Tambunan. Veteran PON 2016 ini akan menghadapi Muhammad Zidan dari Kepulauan Riau di pertandingan pertamanya siang ini.

Ryan Hendris di kelas 86kg akan menghadapi Randa Riandesta dari Sumbar, sementara Rudy Haryanto di kelas 125kg ditantang Agung Mulyana dari Banten.

Rangkaian pertandingan penyisihan dilangsungkan mulai pukul 13.00 WIB, sementara laga final dan repecharge 3-5 digelar mulai pukul 18.30 WIB.