BREAKINGNEWS.CO.ID - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar pelatihan penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda Batch 6, di Teater Wisma Kemenpora, Jakarta, Selasa (7/8/2018). Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda Imam Gunawan, mengatakan, pada tahap ini para peserta dibekali dengan materi yang bersifat umum di antaranya dengan membangun mindset bisnis, membuat metode membuat bisnis.

"Seperti yang tadi disampaikan nara sumber model bisnis kanvas. Itu bagus untuk memberikan bimbingan untuk pemula agar langkah-langkah itu bisa sistematis untuk pemula. Mereka juga diberikan inspirasi sebagaimana biasa ada kisah sukses dari pengusaha muda. Dengan itu kami yakin bisa memancing insting dari pemuda sehingga mereka bisa ancang-ancang dan menajamkan planing yang telah direncanakan," kata Imam.

Imam mengungkapkan, secara konsep teori eksistensi wirausaha, berwirasusaha dapat membuat aktivitas ekonomi yang berdampak pada pembuatan lapangan kerja. "Jika dari segi input terikat dengan bahan-bahan. Sedangkan dari segi output seperti pemasaran mereka membutuhkan para pelaku-pelaku yang bisa bersinergi dengan dia. Jadi, peran wirausaha ini membuat aktifitas ekonomi, menyerap lapangan kerja. Dan tentunya bisa menciptakan kesejahteraan di sekitar lingkungannya tersendiri," kata Imam.

Lebih lanjut, Imam mengatakan bahwa semakin cepat pemuda masuk ke dunia wirausaha kreatifitasnya makin panjang. "Diharapkan dari kegiatan ini nanti akan melahirkan inisiasi atau prakarsa bisnis yang semula mungkin hanya satu," bebernya.

Di sisi lain, Kemenpora berkolaborasi dengan element antara lain, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta Bank mahasiswa. Hal tersebut di lakukan guna menjangkau keterbatasan jaringan. "Bank Mahasiswa itu punya network yang luar biasa kampus-kampus seluruh Indonesia. Kita manfaatkan untuk hal yang seperti itu karena kita punya keterbatasan jangkauan maka cara untuk mengatasinya berkolaborasi.Ke depan harus banyak lagi. Sebuah keharusan instansi negara harus mengembangkan jejaring dengan lembaga-lembaga untuk memperluar sebaran dan menjangkau area-area yang lebih luas yang mungkin tidak terjangkau," paparnya.

Ke depannya, sambung Imam, pihaknya juga akan mengajak sejumlah pihak di antaranya Kemenko PMK, Bapenas, Kementerian Koperasi dan UMKM untuk bersama-sama mendiskusikan langkah-langkah pengembangan wirausaha di daerah. Juga memetakan para pelaku wirausaha dan tenaga pendukungnya.