BREAKINGNEWS.CO.ID – Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade membuat pernyataan “kebakaran brewok” yang memancing reaksi keras dari Partai NasDem. Partai Gerindra pun buru-buru memadamkan isu 'kebakaran brewok'.

Andre memakai diksi 'kebakaran brewok' karena tak terima dengan pernyataan Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago yang berbicara friksi tajam di Pilpres 2019. Hal  ini, menurutnya, terkait rencana pembentukan poros Teuku Umar-Kertanegara. Poros ini merupakan nama kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar dan kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, di Jalan Kertanegera.

Apalagi kedua pimpinan partai itu telah melangsungkan pertemuan dalam suasana akrab. "Kalau yang friksinya tidak terlalu tajam, oke sajalah. Tapi kalau friksinya yang terlalu tajam itu harus benahi diri dulu. Benahi diri dulu bagaimana sikapnya terhadap NKRI, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika," kata Irma, Jumat (9/8/2019).

Pernyataan Irma inilah yang ditanggapi Andre dengan memunculkan diksi 'kebakaran brewok'. "Itu yang saya anggap agak aneh, seharusnya pertemuan Pak Prabowo dan Pak Jokowi, Bu Mega dan Pak Prabowo, begitu diapresiasi oleh rakyat, ternyata ada yang 'kebakaran brewok'," kata Andre di Gado-gado Boplo, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (10/8).

Andre mengungkit soal sikap NasDem mendukung Jokowi di Pilpres 2019. Dia menilai pernyataan itu berbeda dengan sikap NasDem saat ini.  Diksi 'kebakaran brewok' ini kemudian kembali ditanggapi Irma. Dia memprotes Andre. Menurut Irma, Gerindra seharusnya malu karena kini ingin merapat dengan Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Padahal, lanjut dia, dulu Gerindra berkeras menggaungkan 'ganti presiden'.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 sendiri memang masih beberapa bulan lagi. Namun perang kata-kata antara Nasdem dan Gerindra sudah membuktikan jika politik mulai memanas lagi sebagai persiapan menuju 2024. Kini PDIP mulai mengajak Gerindra yang membuat Nasdem sekutu utama pengurusng Jokowi kini merasa ditinggalkan.