JAKARTA – Di Indonesia laku laki-laki beristri lebih dari satu kadang dicap  perbuatan tercela, walau beberapa agama membolehkannya. Namun itu tidak ada dalam kamus Ronaldinho. Eks punggawa timnas Brasil ini berencana akan menikahi dua orang tunangannya sekaligus, Priscilla Coelho and Beatriz Souza.

Langkah untuk meresmikan hubungan tersebut tinggal menunggu pengesahan lembaga terkait. Pasalnya,  mereka bertiga sejatinya sudah hidup bersama secara harmonis di istana milk Ronaldinho di Rio de Jeneiro sejak Desember tahun lalu. Pemain yang berhasil membawa Brasil sebagai juara pada Piala Dunia 2002 ini sendiri sudah mengumumkan “pernikahan”tersebu musim panas mendatang.

Menurut harian  O Dia, Brasil,  Ronaldo mantan striker klub Barcelona Spanyol ini lebih dahulu kencan dengan Coelho sebelum Souza masuk dalam kehidupan mereka sejak tahun 2016 lalu.

Kepada dua "istrinya" tersebut Ronaldo memberi tunjangan tiap bulan sebesar 2 ribu dolar AS, serta beragam hadiah seperti parfum dan perhiasan lain yang sama satu sama lain.

“Meski belum pernah mengumumkan secara resmi hubungan tersebut, namun ketiganya kerap pergi liburan bersama,” lanjut koran lokal itu.

Masalahnya sekarang, laku poligami itu termasuk praktek terlarang di negara penghasil kopi dan pisang itu. Meski sebenarnya praktek tersebut sudah mulai banyak terlihat sejak tahun 2012. Meski tak didaftar dalam wadah pernikahan, namun para pelaku tersebut, membuat alamat dan nomor rekening bersama.

Selain di Brasil, Amerika Serikat juga menerapkan larangan serupa. “Karena mereka yang terbukti melakukan praktek tersebut akan masuk kategori tindak kriminal,”ujar Mae Kuykendall, profesor hukum Michigan State University,

Apalagi hingga saat ini, tak ada bukti valid yang menyebut ada pernikahan  ganda di negara tersebut Selain AS dan Brasil, Poligami juga diharamkan oleh UU  India, Filipna serta  Nigeria.

Yang pasti, para ahli tetap merasa ada tantangan berat yang harus dihadapi pelaku poligami, karena disana ada masalah emosi.  Selain juga tak menjadi norma hukum yang umum terjadi. Meski tidak bisa juga dibantah, pelakunya akan melakoni ini sebagai perjalanan batin yang sangat personal dan harus mengatasi sendiri tantangan yang terjadi dalam relasi yang dibangun kata ahli psikolog klinis  asal Manhattan, Joseph Cilona

Dari pengalaman yang terjadi, tentu ada yang bisa dijadikan sebagai role model atau contoh sukses yang bisa dijadikan referensi.

Lalu?, apakah Ronaldinho bisa kelak menjadi salah satu contohnya?, Biar waktu yang bicara.....