BREAKINGNEWS.CO.ID - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menginginkan bonus untuk para atlet peraih medali di Asian Games DKI yang masuk ke dalam APBD-Perubahan 2018 bisa dicairkan lebih awal. Rencananya Pemprov DKI Jakarta akan mengkonsultasikan wacana tersebut dengan Kementerian Dalam Negeri.

“Nanti kita akan cari aturannya mana yang bisa segera, kalau misalnya sudah persetujuan dewan sambil menunggu evaluasi Kemendagri kita nanti akan berkunjung ke Kemendagri bisa nggak untuk atlet ini kita cairkan lebih dulu, nanti saya berkonsultasi,” kata Kadispora di kantor DPRD DKI Jakarta, Senin (10/9/2018).

Meski ada keinginan dicairkan lebih awal, namun Pemerintah Provinsi DKI tidak ingin prosedur yang dilakukan dianggap melanggar aturan oleh sebab itu pihaknya akan lebih dulu menunggu hasil dari DPRD DKI Jakarta lalu mengkomunikasikan dengan Kemendagri. “Saya ingin cepat tapi tepat artinya jangan sampai ada pelanggaran, termasuk konsultasi dengan Kemendagri,” ujar Ratiyono.

Pemprov DKI akan merujuk pada Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1203 Tahun 2018 tentang besaran bonus atlet peraih medali di kompetisi tingkat Asia untuk kategori perorangan di tingkat Asia. Di mana atlet peraih medali emas dapat bonus Rp300 juta, medali perak Rp150 juta dan peraih medali perunggu Rp90 juta.

Sedikitnya terdapat 180 atlet DKI Jakarta bertanding di Asian Games XVIII. Sebanyak 10 atlet mendapatkan medali emas, 11 atlet mendapatkan medali perak dan 9 atlet mendapatkan medali perunggu. Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta telah menganggarkan bonus sebanyak Rp21.3 miliar.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik mengatakan bonus atlet DKI Jakarta akan dinaikkan dari Rp300 juta menjadi Rp750 juta. Namun pada faktanya, Dinas Pendidikan dan Olahraga DKI Jakarta tidak menyetujui dan bersikekeh bahwa bonus tetap Rp300 juta untuk peraih medali emas. 

Sebelumnya pemerintah RI juga sudah memberikan bonus kepada seluruh atlet yang mendapatkan medali di Asian Games 2018. Presiden Joko Widodo menyerahkan bonus sebesar Rp1,5 miliar rupiah kepada para atlet yang meraih medali emas.