BREAKINGNEWS.CO.ID - Suasana tegang mewarnai suasana proses penghitungan suara hasil pemilihan umum 2019 di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Madrid pada Rabu (17/4/2019) waktu setempat.

Ketika hasil menunjukkan pasangan calon presiden dan wakil presiden dengan nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang, warga negara Indonesia (WNI) yang hadir sontak berteriak gembira. "Ada beberapa warga yang meneriakkan 'Horeee...' dengan spontan saat melihat hasil akhir penghitungan suara," demikian pernyataan KBRI Madrid yang diterima Breakingnews.co.id, Kamis (18/4).

Teriakan lega tersebut terdengar setelah para WNI mengikuti proses penghitungan suara dalam suasana tegang. Ketegangan bermula ketika proses penghitungan dimulai pada pukul 13:00 waktu setempat. Begitu sangat antusias para WNI yang hadir, mereka sampai-sampai turut memastikan keabsahan surat suara ketika Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) menyatakan lembaran itu sah.

Dari total 725 surat suara yang ditampung di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) Madrid dan melalui pos, 697 di antaranya dinyatakan sah. "Sebanyak 588 suara (84,36%) untuk pasangan Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 dan 109 suara (15,64%) untuk pasangan nomor urut 02," tulis KBRI Madrid.

Sementara itu, perolehan suara untuk DPR RI dikuasai oleh PDIP dengan 238 suara, disusul PSI dengan 156 suara (24,7%), dan Gerindra yang meraih 52 suara (8,2%). Tidak hanya di Madrid saja, Jokowi juga menang di tempat pemungutan suara luar negeri lainnya, termasuk Bangkok, Beijing, Moskow, Pyongyang, dan Melbourne.

Sementara itu, Prabowo unggul di sejumlah tempat pemungutan suara luar negeri lain, seperti Suriah, Islamabad, Karachi, Khartoum, dan Tripoli. Dalam pemilihan di Indonesia, Jokowi juga terpantau menguasai suara. Merujuk pada hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei, Jokowi unggul dengan suara di atas 50 persen.