BREAKINGNEWS.CO.ID – Google Indonesia telah merilis tren pencarian di sepanjang tahun 2018 ini di Tanah Air. Dan hasilnya, dua pasangan calon presiden dan wakil presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menjadi daftar tokoh yang paling banyak dicari oleh para pengguna Google.

Selain kedua pasangan ini, Google juga mengumumkan 15 tokoh yang paling populer dalam pencarian di Indonesia. Selain nama capres dan cawapres tersebut, ada beberapa nama politisi seperti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Ratna Sarumpaet, Mahfud MD, Erick Thohir, Rocky Gerung, dan Grace Natalie yang juga banyak dicari.

Mira Sumanti  selaku Search Marketing Manager Google Indonesia menyatakan jika masyarakat semakin peduli terhadap politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun depan.

"Mungkin kalau banyak tokoh politik yang masuk itu menunjukkan ketertarikan masyarakat Indonesia untuk mencari tahu lebih banyak dibandingkan tahun lalu," ungkap Mira di Jakarta pada Kamis (13/12/2018).

Selain beberapa nama polotisi tersebut, masyarakat di Indonesia sepertinya juga penasaran terhadap Tim Nasional U-23, kemudian ada nama Jonathan Christie, Khabib Nurmagomedov, Kevin Sanjaya, serta Ustadz Abdul Somad.

Disamping itu, fenomena ketertarikan masyarakat terhadap politik juga tercermin dalam 15 pencarian paling populer dalam tentang peristiwa nasional tahun 2018. Pilpres (Pemilihan Presiden) 2019 dan Pilkada (Pemilihan Umum Kepala Daerah) 2018 juga masuk ke daftar tren Google Indonesia. Google Indonesia pun mengklaim jika pencarian tokoh dan peristiwa politik nasional bakal tetap tinggi tahun depan.

Selanjutnya 13 peristiwa nasional lain tahun ini, masyarakat banyak mencari tahu tentang Bom Surabaya, Pesawat Lion Air, Gempa dan Tsunami Palu, Kapal Tenggelam Danau Toba, Gunung Merapi Meletus, Gempa Lombok, Gerhana Bulan, Gempa Situbondo, Gunung Agung Meletus, Sidang Isbat Idul Fitri, Hari Kemerdekaan 17 Agustus, Rafflesia Arnoldi Bengkulu, serta Perceraian Ahok.