BREAKINGNEWS.CO.ID-Beberapa saat lalu baru saja dimulai Kejuaraan Pacuan Kuda AE Kawilarang Memorial Cup 2019, Minggu (13/1/2019) di arena pacuan kuda Tegal Waton, Salatiga, Jawa Tengah.

Event AE Kawilarang Cup ini sudah menjadi kalender pacuan kuda nasional dari PP Pordasi walau penyelenggaraannya sejak beberapa tahun terakhir dipercayakan kepada Pengprov Pordasi Jateng. Pacuan AE Kawilarang tahun 2019 ini seluruhnya mementaskan 23 race, baik pacuan utama atau tambahan. Dari pacuan utama, persaingan seru akan terjadi di Kelas 3 Tahun calon derby jarak 1600 meter.

"Kuda Magnetto dari Sumbar diperkirakan mendapat perlawanan dari kuda-kuda Jabar dan Jatim, ada Cinderella dan Paul Zack. Juga dari kuda asal DIY, Lucky Prince Star, serta dari Putri Majwa yang andalan tuan rumah," ujar Sekretaris Komisi Pacuan PP Pordasi Noviardi Sikumbang yang mensurvisi pacuan AE Kawilarang ini, Minggu pagi dari Tegal Waton, Salatiga.

Noviardi Sikumbang juga menyebut kemungkinan adanya kejutan dari kuda Faristha (DKI Jakarta), serta beberapa kuda Jatim seperti Badai Asmara, Jeeninsky, My Name is Salman & Gas Gas, dan kuda P. Halilintar dari Kalsel.

Setelah menjuarai Kejurnas Pacuan Kuda 2019 bulan lalu di Manado, Sulut, untuk kedua kalinya secara berturut-turut, kontingen Jateng masih difavoritkan menjadi pengumpul gelat terbanyak di AE Kawilarang Cup 2019 ini. Pada event 2018, di tempat sama, kontingen Jateng menjadi juara umum dengan raihan 10 medali emas, 6 perak dan 9 perunggu.

"Saya kira memang Jateng tetap layak dipavoritkan untuk mempertahankan gelar juara umum," kata Noviardi. Namun, dia mewanti-wanti kemungkinan bangkitnya Jabar dan Jatim di event ini.

Dari arena kejuaraan, kuda P.Mini dari BHM, Kalsel, finis pertama di Kelas G-1000 meter yang pertama kali dilombakan. Kuda M.Mini mengungguli Stalion dari Kediri dan Jadi Jaya dari Wonosobo.

Kuda P.Mini dari BHM Kalsel memenangi Kelas G jarak 1000 meter.

I. Kelas G - 1.000 Meter:
1. P. Mini BHM / Kalsel / J. Mewengkang - Novi Telew / Hj. Haryati - BHM Stable
2. Stalion / Kediri / Riska - Anto GL / Drs. H. Sentot DJ - Nona Cindy Stable
3. Jadi Jaya / Wonosobo / M. Soleran - Karsono / Anggia Nur Azarin.