JEDDAH-Jamaah haji Indonesia sudah tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA), Jeddah, Arab Saudi. Kedatangan mereka merupakan kelompok terbang perdana pada fase kedatangan gelombang kedua.

Seremoni penyambutan jamaah juga digelar dengan kehadiran sejumlah pejabat negara, antara lain Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Direktur Muasassah Wilayah Asia Tenggara Mohammad Amin Hasan Indragiri, Konjen RI Jeddah Mohammad Hery Saripudin, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama Sri Ilham Lubis, Ketua PPIH Arab Saudi Ahmad Dumiyathi Bashori, dan Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat. 


"Alhamdulillah semua berjalan lancar. Bahkan kedatangan lebih cepat dari satu jam," ujar Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Arsyad Hidayat di sela-sela penyambutan jamaah di Bandara Jeddah, Minggu (13/8) pagi WIB, sebagaimana dikutip dari situs Kementerian Agama.

Seperti diketahui, hari ini merupakan titik awal puncak haji 2017. Jika lalu lintas jamaah selama ini hanya dari Tanah Air ke Madinah dan Madinah ke Mekah, maka mulai pagi ini ditambah lagi dari Tanah Air ke Mekkah. Dengan demikian ada tiga arus lalu lintas jamaah.



Hari ini sekaligus berakhirnya fase kedatangan gelombang pertama. Sekaligus menandai dimulainya fase kedatangan gelombang kedua. Ada 16 kloter yang dijadwalkan terbang mulai besok dari Tanah Air dan akan mendarat di Bandara Jeddah.

Ke-7 kloter yang mengawali kedatangan di Bandara KAAIA Jeddah adalah"

1. Kloter 44–46 Embarkasi Surabaya (SUB 44, 45, dan 46).

2. Kloter 38–51 Embarkasi Solo (SOC 48, 49, 50, dan 51). 

3. Kloter 48–51 Embarkasi Jakarta–Bekasi (JKS 48, 49, 50, dan 51). 

4. Kloter 9 Embarkasi Palembang (PLM 09). 

5. Kloter 15 Embarkasi Medan (MES 15). 

6. Kloter 1 Embarkasi Lombok (LOP 01).

7. Kloter 14 Embarkasi Padang (PDG 14).