NEW YORK-Bursa transfer NBA masih berlangsung.  Sejumlah ikan besar memang telah keluar dari kolam. Sebut saja Gordon Hayward ke Boston Celtics, Chris Paul ke Houston Rockets, Paul George ke OKC Thunder, atau bertahannya sejumlah bintang Golden State Warriors.

Akan tetapi,  masih ada beberapa tangkapan bagus yang tersisa, bagi setiap tim NBA yang mau mengeluarkan beberapa umpan ke bursa transfer free agent musim panas 2017.

Berikut 10 pemain terbaik yang masih ada di lantai bursa sedang mencari klub peminat mereka seperti dirangkum dari sejumlah media ternama di Amerika Serikat.

1.Otto Porter
New Jersey Nets baru saja melempar lembar penawaran maksimal ke Otto Porter. Kini dia menunggu Washington Wizards apakah mau menyamai bayaran 106 juta dolar AS/4 tahun seperti yang dilepas Nets.

2.Nerlens Noel (23 tahun/status: dibatasi)
Mavericks mengirim Andrew Bogut, Justin Anderson, dan pilihan ronde pertama ke 76ers untuk mendapatkan Noel. Tapi Mavs masih menunggu apakah ada klub yang ingin mencoba mengangkut Tyson Chandler masa depan mereka tersebut.

3.Kentavious Caldwell-Paus (24 tahun/status: tidak dibatasi)
Caldwell-Paus adalah korban dari free agent yang dibatasi. Karena dia adalah free agent terbatas sampai Pistons menarik tawaran kualifikasinya. Tapi kini tidak lagi, ia sudah bebas mencari rumah baru dan gaji yang lumayan.

4.Jonathan Simmons (27 tahun/dibatasi)
Simmons mengumpulkan rataan 13 poin/gim pada babak kedua play-off musim lalu melawan Rockets dan 15 poin/gim di final wilayah melawan Warriors. Walau usianya akan 28 pada awal musim baru, ia disebut tengah memasuki masa jayanya bersama Spurs.

5.JaMychal Green (27 tahun/dibatasi)
Agen Green merasa Memphis Grizzlies sedang menuju ke arah yang berbeda. Pemain serbaguna ini telah melihat adanya dua penawaran.
Derrick Rose (kanan) saat memperkuat New York Knicks melawan San Antonio Spurs di NBA 2016-2017. (Foto-ibtimes)

6.Derrick Rose (28 tahun/tidak dibatasi)
Rose menjalani musim yang sepi di tengah keributan New York Knicks. Karena rataan dia adalah 18 poin dan 4,4 assist/gim untuk tim yang mengubah skema serangan di tengah musim, serta ia tetap sehat sampai sedikit merobek otot meniskusnya selama pertarungan akhir musim yang tidak berarti. Tapi mungkin, tidak setiap tim di NBA saat ini bisa memberinya gaji 21,3 juta dolar AS yang ia catat musim lalu. Namun pada harga yang tepat, dia bisa menjadi nilai pendorong bagi setiap tim yang ingin bersaing berebut tempat di playoff.

7.Willie Reed (27 tahun/tidak dibatasi)
Lima tim dikabarkan meminati servis Reed. Selain karena energi tinggi yang dimiliknya, ia punya rapor 5,5 poin/gim, 5 rebound/gim, dan di bawah 1 blok/15 menit. Ia bisa merebut Most Improved Player akhir musim nanti.

8.Nikola Mirotic (26 tahun/dibatasi)
Ia tidak menjalani musim yang seperti diharapkan orang setelah menempati posisi kedua dalam pemilihan Rookie of the Year dua tahun lalu di bawah Andrew Wiggins. Penembak jitu dari Yugoslavia ini rata-rata mengumpulkan 10 poin dan 5,5 rebound/gim buat Bulls musim lalu. Namun persentase tembakan tiga angkanya menurun tiga persen di babak playoff.

9.Ian Clark (26 tahun/tidak dibatasi)
Kemampuan Clark terus meningkat setiap tahun, yang puncaknya pada musim lalu saat merebut juara bersama Warriors. Golden State tak bisa menahannya, tapi ia masih mencari klub peminat.

10.Monta Ellis (31 tahun/tidak dibatasi)
Indiana telah membebaskannya musim panas ini, tetapi ia masih bisa mengunci di tempat lain. Guard veteran ini punya naluri sebagai top skorer tim, dan bisa membantu tim-tim yang punya starting eleven kuat dari bangku cadangan.

Berikut  bursa transfer free agent NBA musim panas 2017 :
- Nick Young (Warriors): 1 tahun, $5,2 juta
- Monta Ellis (Pacers): Dilepas
- Dion Waiters (Heat): 4 tahun, $52 juta
- Andre Roberson (Thunder): 3 tahun, $30 juta
- Dirk Nowitzki (Mavericks): 2 tahun, $10 juta

- Milos Teodosic (Clippers): 2 tahun, $12,3 juta
- Kelly Olynyk (Heat): 4 tahun, $50 juta
- Josh McRoberts dan pilihan ronde kedua masa depan ke Mavericks, lalu A.J. Hammons ke Miami Heat.
- Rudy Gay (Spurs): 2 tahun, $17 juta
- Vince Carter (Kings): 1 tahun, $8 juta

BREAKINGNEWS.CO.ID