BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Basket Putra Indonesia kalah telak pada laga perdana Grup A Asian Games 201 dari Korea selatan. Dalam pertandingan yang berlangsung di Hall Basket Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (14/8/2018), Arki Dikania Wisnu dan kawan-kawan dibantai dengan skor akhir 65-104. Pemain naturalisasi Korea Selatan, Ricardo Preston Ratliffe, menjadi momok menakutkan dengan mencetak 30 poin.

Pelatih Tim Basket Putra Indonesia, Fictor Roring, mengungkapkan, kekalahan dari Korea Selatan sudah diprediksinya. Karena, Korea Selatan merupakan tim yang kuat dan merupakan juara bertahan Asian Games.

"Saya rasa hasil ini sesuai prediksi, Korea itu tim kuat, dia punya line up pemain yang dalam dan kuat. Dia punya shooter-shooter terbaik di Asia. Itu memang sangat sulit buat kita. Jujur, mereka itu bukan hanya satu kelas di atas kita, tapi dua kelas di atas kita," kata Fictor Roring.

Fictor Roring juga menyoroti pemain naturalisasi Korea Selatan Ricardo Preston Ratliffe. Menurutnya, Preston merupakan pemain yang sulit dihentikan. Apalagi, dia memiliki postur tubuh yang tinggi. "Dia seperti raksasa. Kita bisa lihat 1-2 orang jaga dia tak kuat. Besar sekali posturnya dan dia juga sangat jago. Tak dijaga dia tembak masuk, dijaga ketat dia bisa shooting jarak jauh masuk, saat ditempel ketat dia bisa asist dan shooting terus masuk," beber pria 45 tahun tersebut.

Untuk pertandingan selanjutnya, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada 20 Agustus 2018. Kemenangan akan membuat peluang Indonesia lolos ke fase berikutnya masih terbuka. "Saya pasti harus menyesuaikan dengan lawan-lawan nanti ya kan. Bagimana nanti kita nanti bermain, bagaimana kita menghadap mereka, itu sudah jadi ini (kewajiban) kita. Satu defense kita harus lebih kuat lagi, defense kita tadi terlalu mudah (ditembus)," bebernya.

Di sisi lain, dengan kekalahan ini, Timnas Indonesia saat ini berada di dasar klasemen. Sementara Korea Selatan di peringkat pertama. Sedangkan peringkat kedua ditempati oleh Thailand yang menang setengah bola atas Thaialnd 87-86.