JAKARTA - Setelah pasukan Israel mengebom target-target Iran di Suriah, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa, Antonio Guterres meminta untuk segera dihentikan seluruh tindakkan bermusuhan guna menghindari konflik baru di Timur Tengah.

Pernyataan Guterres itu dilontarkan pada Jumat (11/5/2018), beberapa saat usai serangan intens di beberapa bagian Suriah oleh Israel.

Israel menyatakan serangan yang dilancarkan pada Kamis (10/5) pagi itu merupakan tindakan balasan atas serangan roket Iran di Dataran Tinggi Golan yang dikuasai oleh Negeri Bintang David.

Israel juga telah meminta Dewan Keamanan PBB dan Sekjen PBB agar segera mengecam serangan Iran.

Kementerian Luar Negeri Iran mengecam keras serangan Israel dan menyebutnya sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap kedaulatan Suriah.

Iran juga mengatakan bahwa serangan Israel terhadap Suriah dilakukan tanpa alasan yang mendasar dan merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan nasional serta keutuhan wilayah Suriah.

Dewan Keamanan PBB, yang sangat terbelah terkait pendapat perihal Suriah, kemungkinan besar tidak akan mengeluarkan pernyataan dan hingga Jumat pagi tidak ada satu anggota pun yang meminta agar diadakan rapat.