JAKARTA - Untuk menerapkan Permenhub 108/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek, Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Simpatik dengan sasaran taksi online.

"Arahan Kemenhub 1 Februari ini kita lakukan operasi simpatik," ucap Kadishub DKI Jakarta Andri Yansah di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (2/2/2018). Andri menyebutkan, dalam operasi ini pihaknya dan kepolisian mengedepankan upaya persuasif. Jadi, tidak melakukan yang tilang yang serta-merta.

"Operasi simpatik itu kita lakukan penyisiran untuk kendaraan online yang belum mempunyai izin agar segera kita arahkan untuk mengurus izinnya. Yang belum melakukan KIR kita akan mengarahkan mereka agar segera mengurus Kir-nya, jadi belum melakukan tilang," tuturnya.

Sebab, bicara masalah sanksi terhadap angkutan orang, ada sanksi lain yang lebih berat dari pada hanya tilang. "Bicara izin termasuk pelanggaran berat harusnya disetop atau dikandangkan. Tapi karena arahan dari Kemenhub, kita melakukan operasi simpatik baru itu," imbuhnya.