JAKARTA - Pebalap Toro Rosso, Pierre Gasly mengaku sudah tak sabar untuk melihat dan merasakan perkembangan upgrade mesin baru Honda yang akan ditanjapkan ke mobil Formula 1 miliknya saat melakoni seri ketujuh F1 Kanada pada akhir pekan ini. Ia pun berharap mesin baru ini akan membawa perubahan perfoma yang signifikan, dibanding mesin sebelumnya. 

Sirkuit Gilles Villeneuve yang menjadi tuan rumah GP Kanada pekan depan memiliki karakteristik 'power sensitive' yang berarti mesin akan menjadi faktor pembeda dalam performa tiap mobil.

Gasly mengonfirmasi bahwa Toro Rosso akan mendapat mesin baru dari Honda di Montreal. Meski belum memasang ekspektasi, pebalap Perancis itu tetap menyambut positif dan yakin akan ada penambahan performa. "Saya akan menunggu sampai FP1 untuk melihat perbedaannya di komputer," ucap Gasly, dikutip Motorsport.

"Saya telah belajar dari pengalaman saya di Formula 1 bahwa kita lebih baik menunggu dan melihat hasil sebenarnya. Karena terkadang penambahannya tidak sebanyak yang diharapkan, atau bisa juga melebihi perkiraan awal. Tapi yang pasti ini akan menuju ke arah yang benar. Jadi saya sangat menantikan upgrade ini," jelasnya.

Gasly finis ketujuh pada balapan GP Monako. Performa Toro Rosso pekan lalu memang tampak cukup kuat di sirkuit yang lebih menekankan performa mesin dalam kecepatan rendah. "Faktor terpenting (di Monako) adalah RPM-rendah, dan pengaplikasian pedal gas secara injak-lepas," jelas Toyoharu Tanabe, direktur teknis Honda. "Itu salah satu parameter kunci dalam manajemen energi.

"Kami telah meningkatkan aspek driveability untuk membantu perilaku sasis saat melewati tikungan agar pembalap bisa melakukan akselerasi lebih awal. Reliabilitas, tenaga, dan driveability adalah faktor kunci pada mesin. Tentu faktor tenaga menjadi penting dalam melakukan satu lap, tapi driveability juga punya dampak besar. Teknisi kami selalu berkomunikasi dengan tim dan pebalap untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam pengaplikasian pedal gas," ia menjelaskan.