BREAKINGNEWS.CO.ID - Kesempatan membanggakan kembali diraih film Indonesia. Film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak atau Marlina the Murderer in Four Acts siap untuk mewakili Indonesia di ajang Academy Awards atau Oscar 2019. Ternyata film karya Mouly Surya ini mewakili Indonesia untuk bersaing dengan film-film dari 86 negara lainnya yang sudah mendaftarkan filmnya untuk kategori bahasa asing di Oscar 2019 nanti.

Namun daftar nominasinya baru akan diumumkan pada 22 Januari 2019 mendatang. Sedangkan perayaan Oscar baru akan diselenggarakan pada 24 Februari 2019 di Dilby Teathere, Los Angeles Amerika Serikat (AS).

Di antara banyak judul yang digadang-gadang mempunyai potensi besar masuk nominasi, terdapat beberapa nama yang cukup terkenal seperti Roma dari sutradara Meksiko Alfonso Cuaron.

Kemudian juga ada The Guilty dari Denmark, Never Look Away dari peraih Oscar sebelumnya, Florian Henckel von Donnersmarck, Jerman, Shoplifters dari sutradara Jepang yang memenangkan Palme d'Or di Festival Canness, Capernaum dari peraih hadiah juri Cannes dari Lebanon, dan Cold War yang meraih hadiah sutradara terbaik di Cannes dari Polandia.

Namun jangan takut karena film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak atau Marlina the Murderer in Four Acts ternyata sudah mengantongi banyak penghargaan dari dalam negri maupun dunia international.

'Marlina si Pembunuh Empat Babak' juga sebelumnya bersinar di ajang Cannes Festival. Film ini menjadi film panjang Indonesia yang berhasil masuk ajang tersebut setelah 12 tahun absen di rangkaian Festival Film Cannes.

Filmnya sendiri sudah diputar di beberapa bioskop Amerika dan Kanada. Hal ini membuat Marsha Timothy, sang pemeran utama ikut masuk menjadi nominasi Aktris Terbaik Asian Film Awards.

Menurut Komite Oscar, Christine Hakim, film dari sutradara Mouly Surya itu memenuhi syarat dan layak untuk bersaing di Oscar. "Jadi, kita memilih sesuai untuk Oscar. Setiap festival punya karakteristik berbeda. Ini bukan pemilihan seperti festival, dipilih yang terbaik. Ada unsur-unsur yang dipertimbangkan untuk kategori ini meliputi semua unsur. Baik dari tema dan semua unsur pendukungnya," katanya