BREAKINGNEWS.CO.ID – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan dukungan penuh terhadap kepemimpinan Nurdin Halid di Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) dalam lima tahun ke depan. Menjadi tuan rumah Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) adalah salah satu bentuk dukungan nyata dari Koffifah.

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid dan para wakil ketua umum melakukan kunjungan silaturahmi ke Jawa Timur, Kamis (23/1/2020). Kedatangan pimpinan Dekopin periode 2020-2024 itu disambut hangat oleh Kofiffah di rumah dinas Grahadi, Surabaya, yang diikuti jamuan makan malam khas Jawa Timur dalam suasana penuh kekeluargaan. Maklum, Kofiffah juga adalah orang koperasi dan pernah menjadi wakil ketua umum Dekopin periode 2010 – 2014.

“Ibu Gubernur menerima kami dalam suasana penuh kekeluargaan. Banyak hal yang kami perbincangkan. Mulai dari program strategis Dekopin lima tahun ke depan, kerjasama Dekopin dengan Pemprov Jatim untuk pemberdayaan ekonomi rakyat, hingga masalah dinamika gerakan koperasi di Jawa Timur,” ungkap Nurdin Halid.

Rombongan Dekopin yang hadir dalam pertemuan itu antara lain wakil ketua umum bidang Kelembagaan dan Keanggotaan Agung Sudjatmoko, wakil ketua umum bidang Advokasi dan Komunikasi Raliansen Saragih, wakil ketua umum bidang Penerapan Inovasi Koperasi Pedesaan, Koperasi Pariwisata, dan Koperasi Transportasi Ferry Yuliantono, serta wakil ketua umum bidang koordinator wilayah dan pengawasan Abdul Wahab Bangkona.

Nurdin Halid menjelaskan bahwa pertemuan dengan Gubernur Jawa Timur bertujuan untuk menjajaki Jawa Timur sebagai tuan rumah Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) tahun 2021. Harkopnas tahun 2020 digelar di Sulawesi Utara. Kofiffah, lanjut Nurdin Halid, menerima baik tawaran tersebut.

“Namun Ibu Gubernur tanya, apakah ada agenda nasional Dekopin dalam waktu dekat. Saya bilang Rapimnas. Beliau langsung bilang, Jawa Timur siap menjadi tuan rumah Rapimnas tersebut. Beliau memang ingin memperhebat gerakan ekonomi rakyat Jawa Timur berbasis koperasi,” ujar Nurdin Halid.

Selain menyampaikan rencana kegiatan di Jawa Timur, Nurdin Halid juga membahas dan mencari jalan keluar permasalahan gerakan koperasi di Jawa Timur. Nurdin Halid menyampaikan proses dan hasil Munas Dekopin yang sah yang diselenggarakan di Makassar, 11-14 November 2019.

“Setelah mendengar pemaparan kami, Ibu Gubernur menyayangkan sikap Dekopinwil dan Dekopinda Jawa Timur yang tidak mengakui hasil Munas yang sah sesuai Anggaran Dasar. Ibu Gubernur pun menyatakan Jawa Timur mendukung kepengurusan Dekopin yang saya pimpin, bahkan beliau bilang siap menjadi tuan rumah Rapimnas Dekopin akhir Februari mendatang,” tandas Nurdin Halid.

Gubernur Khofifah berjanji akan membantu menyelesaikan masalah gerakan koperasi di Jawa Timur. Saat itu juga Khofifah memerintahkan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jatim Purnomo untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut. “Ibu Gubernur sangat cepat tanggap. Beliau ingin masalahnya segera selesai. Karena beliau justru sangat mengandalkan koperasi sebagai tulang punggung pembangunan ekonomi rakyat Jawa Timur,” kata Nurdin Halid.