BREAKINGNEWS.CO.ID – Dua atlet Kick Boxing  asal Papua yakni Adrian Mattheis dan Elianus Enembe yang akan turun di ajang SEA Games ke-30 di Filipina November mendatang, siap mempersembahkan medali emas bagi kontingen Indonesia.   Keyakinan tersebut muncul setelah  keduanya mendapat banyak kemajuan selama mengikuti Pelatnas cabang olahraga bela diri tersebut di Sukabumi sejak awal Agustus lalu.

“Selama di pelatnas, yang kami dapat tak hanya sekedar latihan  fisik  namun juga pendalaman teknik serta kesehatan sekaligus peningkatan gizi,”ujar Adrian Mattheis saat ditemui di sela-sela acara peresmian  Sasana Papua Top Team di Kawasan Pasar Minggu, Jumat (30/8/2019).

Adrian dan Elianus, lolos ke Pelatnas sebagai wakil DKI Jakarta usai tampil sebagai juara pada Kejurnas Kick Boxing II  yang juga ajang seleksi pelatnas SEA Games di Jakarta awal Agustus kemaren.

Tak sekedar pede dengan hasil latihan di pelatnas, Adrian  yang turun nomor full contact  ini juga punya modal lain yang layak jadi bekal saat naik ring di ajang pesta bangsa Asia Tenggara itu. Dirinya adalah  pemenang sejumlah ajang mix martial art di sejumlah ajang internasional. Kemenangan terakhir diraihnya saat tampil pada kejuaraan Mix Martial Art (MMA) di Malaysia beberapa waktu lalu. Saat itu ia tampil sebagai juara usai menundukkan wakil China Li zhe dengan TKO pada ronde kedua.

“Cabang Kick Boxing menargetkan dua medali emas dan kami yakin bisa mempersembahkannya,”tegas  Adrian yang turun di kelas 57 kg itu.

Selain menjuarai sejumlah ajang MMA, mahasiswa Sekolah Tinggi Perikanan, Jakarta ini  juga telah beberapa kali tampil di kejuaraan dalam dan luar negeri. Maka secara mental bertanding, dirinya mengaku sangat siap untuk event tersebut.

Sedangkan rekannya Elianus Enembe yang turun di nomor Low Kick Boxing kelas 54 kg juga mengungkapkan hal senada. Kepercayaan dirinya menjadi naik begitu mengikut program pelatnas di Sukabumi. “Kalau selama ini di luar kita hanya berlatih cara pukul dan bertahan dari serangan lawan. kelas 57 kg,  Maka di  pelatnas,  teknik lain seperti mengantisipasi cidera, penjagaan pola makanan agar fisik tetap terjaga juga kami pelajari,”kata Elianus yang berasal dari Wamena.

Selain  menjalani pelatnas dalam negeri. Para atlit kick boxing Indonesia ini juga akan mengikuti sejumlah try out di luar negeri. “Oktober nanti kami akan try out ke Malaysia, dilanjutkan ke Taiwan selama dua minggu. Baru setelah itu balik ke tanah air untuk kemudian siap bertolak ke Filipina,”jelas  Adrian.

Seperti diketahui, cabang Kick Boxing Indonesia ambil bagian pada seluruh nomor yang dipertandingkan yang terdiri dari nomor full contact kelas 51 kg dan 57 kg putra. Low kick kelas 60 kg dan 54 kg. Dua nomor lain dari kelompok putri, kick light 52 kg (putri) dan full contack kelas 48 kg.

Sasana  Papua Top Team ini sendiri berada dibawah naungan sasana Siam Training Camp yang dipimpin oleh Yoko, yang juga wakil ketua Pengda Kick Boxing  Indonesia (KBI) DKI Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Dede Barabas yang menjabat  Ketua Sasana Papua Top Team, menjelaskan, pihaknya bersukur diberi fasilitas oleh pemilik Siam Training Camp dalam mendirikan Papua Top Team tersebut.  Karena dengan keberadaan sasana olahraga bela diri ini, anak-anak asal Indonesia timur itu bisa mendapat tempat untuk mengembangkan bakat dan kemampuan fisik mereka. “Tentu dengan tidak melupakan tujuan awal mereka datang ke ibu kota yakni belajar dan menuntut ilmu,”kata Mahasiswa S2 Hukum Tata Negara di Universitas Kristen Indonesia tersebut.