BREAKINGNEWS.CO.ID – Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, memiliki peluang untuk memastikan gelar juara dunia 2018 di MotoGP Jepang, pada Minggu (21/10/2018). Akan tetapi, Baby Alien (julukan Marc Marquez) mengakui kalau pesta di Sirkuit Motegi, tersebut berpotensi digagalkan oleh Ducati, khususnya Andrea Dovizioso.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, punya peluang memastikan gelar juara dunia 2018 di MotoGP Jepang, Minggu (21/10). Akan tetapi, Baby Alien mengakui pesta tersebut miliki potensi digagalkan Ducati, khususnya Andrea Dovizioso. Kemenangan di Sirkuit Motegi, Jepang, akan menggaransi titel juara dunia menjadi milik Marquez. Saat ini, pebalap asal Spanyol itu unggul 77 poin atas Dovizioso. Bahkan juga, menempati posisi kedua Marquez masih bisa juara dunia, asalkan Dovizioso finis di belakangnya.

Kans Marquez menang di Motegi juga sangat terbuka. Motor Honda terbukti perkasa dan konsisten, serta kali ini akan tampil di kandang sendiri. Akan tetapi, Marquez enggan mengabaikan ancaman Dovi. "Kami punya bola kemenangan untuk Honda di kandang sendiri, yang sangat penting bagi pabrikan kami. Kami akan berusaha mendapatkan hasil terbaik di depan fans Honda dan pendukung tuan rumah," kata Marquez, seperti dilansir Tuttomoriweb, Rabu (17/10).

"Tetapi, Motegi merupakan trek stop-and-go, di mana akselerasi merupakan faktor kunci. Jadi, kami harus bekerja keras dan melakukan perbaikan diri di area itu, apabila ingin bertarung melawan Ducati," sambung Marc Marquez. Dalam urusan akselerasi, motor Desmosedici milik Ducati memang juara. Andrea Dovizioso juga punya potensi memberikan perlawanan ketat seperti di MotoGP Thailand, 10 hari lalu.

Di Thailand, Marquez dan Dovizioso berduel hingga lap terakhir. Persaingan ketat itu dimenangi Marquez yang berhasil menyalip Dovi pada tikungan terakhir. Kali ini, Marquez juga mewaspadai ancaman serupa dari Dovi. "Kami akan berusaha tetap fokus dan tenang, serta mengatur situasi dengan cara terbaik. Hal terpenting adalah berusaha mencapai tujuan tertinggi kami," ujar Marc Marquez.

Selain Dovizioso, pebalap asal Italia, Valentino Rossi, juga berpeluang untuk mencegah gelar juara dunia jatuh ke tangan Marc Marquez. Berada di posisi ketiga dengan koleksi 172 poin, Rossi tertinggal 99 poin dari Marquez. Untuk bisa tetap menghidupkan peluang merebut gelar juara dunia MotoGP 2018, maka Rossi harus meraih kemenangan di Jepang dan Marquez tidak berhasil mendapatkan poin. Melihat performa Marquez musim ini sukar bagi Rossi untuk menjegal langkah pebalap berusia 25 tahun itu untuk merebut gelar juara dunia di Jepang. Rossi pun sudah menerima apabila Marquez melewati rekor tujuh gelar juara dunia kelas primer Grand Prix miliknya.