JAKARTA - Untuk di pekan bulan suci Ramadan 1939 hijriah, banyak cara bisa dilakukan agar akhir pekan tak berhenti melakukan kegiatan monoton. Bagi mereka yang ingin refreshing dengan kegiatan yang menyenangkan bisa  pergi untuk menonton pergi ke bioskop saja.

Simak ini film-film yang tayang pada minggu ketiga bulan Mei ini. Catat tanggalnya, ya!

1. Terbang: Menembus Langit

Terbang: Menembus Langit.



Film drama yang menceritakan perjuangan pemuda asal Kalimantan yang tak berhenti untuk bermimpi. Film arahan Fajar Nugros ini tayang sejak 19 April 2018 hingga sekarang. Isinya kisah perjuangan nyata Onggy Winata di Tarakan, Kalimantan yang berlanjut di Surabaya dan Jakarta. Duet Dion Wiyoko dan Laura Basuki cukup mengagumkan dan layak untuk ditonton masyarakat luas.

2. The Secret - Suster Ngesot Urban Legend

The Secret - Suster Ngesot Urban Legend.



Film dari rumah produksi milik Raffi Ahmad dan dibintangi oleh istrinya sendiri, Nagita Slavina bersama Raffi Ahmad, sudah tayang sejak 26 April 2018. Film yang diproduseri oleh RA Pictures ini merupakan hasil kolaborasi antara Raffi Ahmad dan Arie Aziz.

Film ini berkisah tentang Kanaya (Nagita Slavina), seorang gadis yang baru menyelesaikan studinya di Melbourne-Australia. Ia kembali ke Tanah Air dan mendapati ayahnya (Roy Marten) telah menikah lagi dengan wanita yang usianya tak jauh beda dengan Kanaya, yakni Sofie (Tyas Mirasih).

3. Ananta

Film Ananta.



Sejauh ini kisah-kisah besutan seorang Risa Saraswati sudah terlanjur lekat dengan citra horor. Buat yang belum baca novel Ananta Prahadi, lumayan punya modal penasaran untuk menonton film ber-genre romantis yang sudah tayang sejak 3 Mei 2018.

Film garapan MD Pictures yang diangkat dari novel Risa Saraswati yang bertajuk Ananta Prahadi. Film ini diperankan oleh dua bintang muda yang bersinar, Michelle Zudith dan Fero Walandouw.  Michelle Zudith, memerankan karakter Tania, seorang perempuan berjiwa seni yang sulit bergaul dengan orang lain. Sementara Fero Walandouw, memerankan Ananta, seorang pemuda lugu yang masuk dalam kehidupan Tania. Ada pula Tiara (Jihane Almira), kakak Tania yang memiliki sifat jauh berbeda dengan sang adik.

Hingga akhirnya, seorang pria tampan bernama Pierre (Nino Fernandez), masuk dalam kehidupan Tania. Namun Ananta, malah hilang entah ke mana.

4. Sajen

Film Sajen.



Film horor lokal yang menyinggung tema bullying di sekolah. Bagi pencinta film horor Tanah Air, sepertinya film terbaru berjudul “Sajen” bisa dimasukkan ke daftar wajib tonton. Pasalnya film produksi Star Vision ini sudah rilis di seluruh bioskop Tanah Air pada 3 Mei 2018.

Sang sutradara, Hanny R. Saputra memaparkan bahwa Sajen merupakan perpaduan dari tema perundungan, penampakan gaib setelah kematian, serta tradisi sesaji atau persembahan suatu benda yang punya makna supranatural. Seru untuk ditonton bagi anak sekolah dan kuliahan yang masih suka main risak ke teman-temannya, biar kapok!

Film ‘Sajen’ ini mengangkat hal yang kerap terjadi dalam keseharian remaja, yaitu bullying. Berawal dari sebuah SMA yang memiliki standar nilai yang sangat tinggi, hal itu membuat tiga siswanya bunuh diri akibat stres. Mereka diberi penghormatan dengan menaruh sajen. Ketika Alanda (Amanda Manopo) sebagai korban ke-4 tidak diberi sajen dan ditambah sang ibu yang tak ikhlas dengan kematian anaknya, maka teror semakin hari terus datang.

5. El The Movie

El The Movie.



Film tentang perempuan berkepribadian ganda yang jatuh cinta, film ini diadaptasi dari novel laris karya Luluk H.F, El menawarkan kisah asmara yang gelagatnya memang bakal penuh drama. Premisnya unik, lika-liku romantika antara perempuan berkepribadian ganda dan laki-laki kaya yang dingin. 

6. Assalamualaikum Calon Imam

Assalamualaikum Calon Imam.



Bagi yang ingin membenamkan diri ke film-film religi di bulan puasa, film ini jadi pilihan untuk mengisi waktu kosongmu di bulan suci Ramadah. Film drama bernuansa religi Assalamualaikum Calon Imam kini tengah ditayangkan di bioskop Tanah Air serentak pada 9 Mei 2018.

Film yang menghadirkan Natasha Rizky, istri Desta yang imut-imut ini diangkat dari tulisan Ima Madaniah di platform Wattpad, yang kemudian dibukukan dan kini diolah Oka Aurora menjadi naskah film.  Assalamualaikum Calon Imam mengisahkan tentang Fisya (Natasha Rizki) yang sulit percaya pada laki-laki. Diam-diam ia memendam rasa pada sahabat masa kecilnya, Jidan (Andi Arsyil), tapi perasaannya ini berakhir dengan pahit.

Fisya yang mengalami patah hati, kemudian bertemu dengan Alif (Miller Khan) yang membawa dunia baru untuknya.  

7. 212 The Power of Love

212 The Power of Love.



Film berorientasi dakwah yang mengangkat konteks aksi bela Islam pada 2 Desember 2016 yang terkenal dengan sebutan 'Aksi 212' menjadi salah satu sejarah yang patut untuk dikenang. Aksi yang digelar jutaan umat Islam untuk menuntut terdakwa kasus penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Film 212 The Power of Love mulai tayang pada 9 Mei 2018 yang diperankan oleh karakter utama bernama Rahmat (Fauzi Baadila), jurnalis majalah Republik dan lulusan Harvard yang menggemari pemikiran Karl Marx dan skeptis dengan ajaran agama. Dari penokohan ini, 212: The Power of Love berusaha untuk mengkritisi ide-ide sekularitas dengan nilai-nilai dan teologi keislaman. Sayangnya sejumlah resensi menyebut argumentasi-argumentasi yang dihadirkan hanya sebatas permukaan dan kurang mendalam.

8. Sama Juga Bohong

Sama Juga Bohong.



Siapa yang tak kenal dengan tiga komedian legendaris yakni Dono, Kasino, dan Indro yang tergabung dalam grup lawak Warkop DKI? Pada masa kejayaanya pada tahun 80-an, ketiganya kerap kali menghiasi layar kaca maupun perfilman Indonesia.

Lawakan mereka yang berkelas, membuat Warkop DKI tampil beda dibanding grup-grup lawak lainnya yang telah lebih dahulu populer di Tanah Air. Lelucon mereka selalu berhasil menarik gelak tawa masyarakat. Tak lupa mereka pun selalu tampil bertiga dan seakan tak pernah terpisahkan. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Hendrick Gozali, yang memproduseri ketiganya dalam film berjudul 'Sama Juga Bohong'. Film ini disutradarai oleh Chaerul Umam.

Pada perhelatan Vintage Film Festival, Sama Juga Bohong ini akan tayang mulai 18 Mei - 10 Juni mendatang, tiap Jumat, Sabtu, dan Minggu. Tayang di lima kota, Jakarta, Bandung, Depok, Bekasi, dan Yogyakarta.

9. Anak Negeri Megalith

Film Anak Negeri Megalith.



Siapa yang rindu dengan film Laskar Pelangi? Film ini bisa menjadi alternatif yang kamu tonton lho. Dengan latar cerita yang mirip dan juga mengandung unsur pendidikan, film ini bisa kamu tonton dengan anak-anakmu atau keponakanmu supaya bisa mengambil pesan moral yang di dapat dari film ini, ya.

Film dari rakyat kecil di pelosok Indonesia yang mempunyai mimpi besar. Kehadiran film drama Anak Negeri Megalith arahan sutradara Amir Gumay, mendapat sambutan yang cukup hangat di masyarakat. Film produksi Benning Pictures ini mengangkat keberhasilan, kemandirian, dan pengorbanan anak dusun Megalith di era milenium.

Anak Negeri Megalith mengambil lokasi syuting di Pulau Sumatera. Rencananya film Anak Negeri Megalith ini bakal diputar secara periodik di sejumlah bioskop Tanah Air. Film ini akan tayang di 70 layar bioskop seluruh Indonesia mulai 17 Mei 2018.

10. 5 PM (Lima Penjuru Masjid)

Zaky A. Rivai. Pemeran Usman di film religi 5 Penjuru Masjid.



Film religi yang berkonsep ‘ingin mengajak kita supaya mengingat masjid’. Film 5 PM pas banget ditonton bareng keluarga di bulan Ramadan seperti ini, sebab film ini juga mengandung unsur komedi, dan jangan salah, pesan moral yang didapatkan oleh kita setelah menonton juga juara lho!

Film yang ditulis dan disutradarai langsung oleh Humar Hadi ini mengisahkan tentang para pemuda dalam pencarian jati diri yang dipertemukan di sebuah masjid yang membuat mereka akhirnya bersahabat dan bersama-sama menyampaikan nilai-nilai kebaikan

Sedangkan untuk penayangan yang terbilang masih jauh pada bulan Mei 2018 medatang, Izharul Haq mengatakan rencana awal dirinya bersama tim mengajukan untuk penayangan awal Januari namun harus bersaing dengan film lainnya yang akhirnya film ‘5 Penjuru Masjid’ baru akan tayang pada 17 Mei 2018.