YOGYAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Bumi, puluhan anak-anak yang berasal dari berbagai komunitas membagi-bagikan tanaman berupa sayuran kepada masyarakat. Aksi yang dilakukan yang melibatkan anak-anak dari Sekolah Wong, Umbulharjo, Yogyakarta ini didampingi oleh guru dan belasan relawan. Adapun sayuran yang dibagikan itu meliputi tanaman tomat, kangkung, sawi dan lain-lain kepada warga yang sedang lewat dan duduk bersantai di sekitar Titik Nol Kilometer dan di depan Benteng Vredeburg. Sesekali mereka juga berdiri di lampu merah dan membagikannya kepada para pengendara.

Tak hanya itu, anak-anak yang mengenakan atribut ikatan kepala yang dihiasi dengan daun-daunan dan bertuliskan 'selamat hari bumi' dan juga atribut lainnya yang bertuliskan ' save our earth' juga membagikan stiker yang bertulis mengajak masyarakat untuk hemat listrik, hemat kertas, hemat bahan bakar dan peduli sampah. Hanan, salah satu guru di Sekolah Wong mengatakan jika tujuan mereka menggelar aksi tersebut yakni untuk mengingatkan pentingnya menjaga bumi beserta isinya. "Hari bumi ini kami bagikan tanaman yang memengingatkan kembali dan menggugah warga Yogya supaya menanam kembali," ungkapnya, Minggu (22/4/2018).

Selain itu, ia juga mengatakan jika aksi tersebut juga untuk mengingatkan semua orang untuk menjaga lingkungan diantaranya tidak membuang sampah sembarangan. "Kita menyayangi bumi dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan menanam pohon," ujar Hanan.