BREAKINGNEWS.CO.ID-Tuan rumah Chelsea sukses meraih tiga angka dari kemenangan krusial 2-0 atas Manchester City pada laga pekan ke-16 Premier League, Minggu (9/12/2018) dini hari WIB di Stamford Bridge, London.

Chelsea sudah memimpin 1-0 pada 45 menit pertama dari gol yang diciptakan N'Golo Kante, dari assist Eden Hazard. Adalah Hazard, kapten timnas Belgia di Piala Dunia Rusia lalu, yang kembali membuat assist kepada David Luiz yang lantas diteruskan  ke gawang Ederson, 2-0, menit ke-78.

Sukses Chelsea membungkam Man-City tidak hanya memberi kekalahan pertama bagi The Sky Blues di Premier League, akan tetapi juga membuat timnya Josep Guardiola merosot ke urutan kedua dalam klasemen sementara, setelah digeser Liverpool yang beberapa jam sebelumnya sukses membungkam AFC Bournemouth 4-0. Liverpool memimpin klasemen dengan 42 angka, Manchester City 41 angka.

Sementara itu, bagi Chelsea, raihan tiga angka ini memberi The Blues promosi dua tingkat, dari peringkat kelima naik ke urutan tiga, menggeser Arsenal. Walau sama-sama memiliki 34 poin namun selisih gol Chelsea lebih baik.

Chelsea dan Man-City sama-sama mengawali musim ini dengan impresif. Namun Maurizio Sarri dan Chelsea kedodoran di pekan ke-13, tumbang 1-3 melawan Tottenham yang sekaligus menjadi kekalahan pertama mereka di Premier League.

Chelsea bangkit dengan mengalahkan Fulham 2-0 lewat gol-gol Pedo dan Ruben Loftus-Cheek, tapi kemudian tersungkur lagi. Mereka menyerah 1-2 di kandang Wolverhampton tengah pekan kemarin.

Sementara itu, pasukan Josep Guardiola hingga jelang duelnya dengan Chelsea ini masih tak terkalahkan di Premier League musim ini. Tengah pekan kemarin, tanpa Sergio Aguero yang cedera, City mengalahkan Watford 2-1 melalui gol-gol Leroy Sane serta Riyad Mahrez, dan membukukan tujuh kemenangan beruntun di liga.

Berkaca pada mentalitas dan konsistensi, City awalnya lebih difavoritkan untuk memenangkan pertandingan ini dibanding Chelsea.

Musim lalu, ketika masih ditangani Antonio Conte, Chelsea kalah dengan skor identik 0-1 melawan Man-City kandang dan tandang. Chelsea kalah oleh gol tunggal Kevin De Bruyne di Stamford Bridge, kemudian takluk di Etihad Stadium oleh gol tunggal Bernardo Silva dari assist David Silva.

Awal musim ini, bersama Sarri, Chelsea sudah menghadapi Man-City di ajang Community Shield dan kalah 0-2. Gol-gol City diborong oleh Aguero dari assist Phil Foden dan Bernardo Silva.

Man-City memenangi tiga laga terakhirnya melawan Chelsea di semua ajang. Oleh karena itu Man-City sejak awal lebih difavoritkan untuk meraih empat kemenangan beruntun atas Chelsea untuk pertama kalinya sepanjang sejarah pertemuan mereka.

Namun, Chelsea memang butuh kemenangan untuk segera kembali ke jalur perburuan juara. Chelsea pun sejak awal diprediksi bakal main menyerang. Risikonya, mereka bisa meninggalkan celah di belakang.

Guardiola memenangi ketiga pertemuan sebelumnya melawan Sarri, termasuk ketika Sarri masih menangani Napoli musim lalu. Guardiola sepertinya tahu apa yang dibutuhkan untuk mengatasi tim racikan pelatih asal Italia tersebut.