BREAKINGNEWS.CO.ID – Valentino Rossi sampai saat ini belum juga merasakan manisnya podium kemenangan sejak terakhir kali dirasakannya pada seri MotoGP Belanda 2017 lalu. Hal tersebut tentu membuatnya cukup stres dalam melancarkan misinya mengejar juara dunia MotoGP untuk ke-10 kalinya dalam karier balap di Grand Prix. Meski demikian, sang pelatih, Luca Cadalora yakin jika anak asuhannya tersebut akan kembali merasakan kemenangan di satu seri balapan di musim ini.

Balapan MotoGP musim 2018 telah menyelesaikan 13 seri. Namun hingga saat ini Rossi belum juga dapat keluar dari berbagai masalah teknis yang terjadi pada YZR-M1 tunggannya tersebut. Masalah elektronik yang dikeluhkannya bersama sang tandem Maverick Vinales belum juga dapat diselesaikan oleh para mekanik Yamaha. Hal ini membuat perfoma motor pabrikan berlogo garputala tersebut tidak konsisten dan membuat Rossi terus terpuruk.

Bahkan rival di MotoGP, Marc Marquez (Repsol Honda), bahkan secara tersirat sudah mencoret Rossi dari perburuan gelar juara dan akan lebih mewaspadai dua pebalap Ducati. Meski demikian, Cadalora yakin bahwa masa emas Rossi belum habis dan anak didiknya itu akan segera menang lagi setelah motor Yamaha YZR-M1 dikembangkan.

"Selama Anda kompetitif dan Anda menikmati melaju dengan mesin itu, Anda harus tetap melaju," kata Cadalora yang dilansir dari Speedweek. "Rossi masih menyukai balapan, tetapi ini juga soal memenangkan seri balapan," ujar dia menambahkan.

Cadalora juga menegaskan bahwa baik dirinya maupun tim Movistar Yamaha akan berusaha dengan maksimal untuk membantu Rossi meraih kemenangan lagi. "Jika Anda ingin gelar juara, Anda harus menang dan itulah hal terbaik yang bisa Anda lakukan. Finis di posisi podium adalah hal bagus, namun menang adalah sesuatu yang berbeda," tutur Cadalora.

"Kami sebagai sebuah tim mencoba memberikannya motor terbaik setiap pekan, (tetapi) kadang itu tidak cukup untuk menang dan itu kesalahan kami. Jika kami memberinya motor yang tepat, dia akan menang lagi," terangnya lagi.

Valentino Rossi kini berada di peringkat tiga klasemen sementara kejuaraan dunia pebalap MotoGP 2018. Hasil finis di posisi tujuh pada sesi balapan MotoGP San Marino tak cukup membuat Rossi bertahan di peringkat dua dan tergeser oleh Andrea Dovizioso (Ducati).