JAKARTA-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan melakukan revitalisasi ruang terbuka hijau (RTH) Taman Langsat, Taman Ayodya dan Taman Leuser dengan melakukan kemitraan antara Pemerintah dan badan usaha. Rencana itu disampaikan setelah Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno meninjau langsung kondisi ketiga taman pada Selasa (8/5/2018).

“Fasilitasnya tentunya banyak perbaikan tapi kami tidak mau sepotong-sepotong. Kami akan perbaiki pedestrian untuk orang berjalan kaki. Kami mau melakukannya sekaligus yang tuntas. Kami ingin juga lapangan kerja tercipta karena pasar burung yang menghadap Barito tadi Pak Walikota sampaikan sudah tidak layak lagi,” tutur Sandiaga.

Untuk konsep revitalisasinya, ia ingin RTH bisa lebih fokus kepada warga yang sudah lansia (lanjut usia), namun tidak melupakan anak muda karena kawasan di sekitar taman terkenal dengan industri ekonomi kreatif. Selain mengundang partisipasi pihak swasta, nantinya Pemprov DKI akan mengajak warga sekitar taman untuk bersama merumuskan konsep revitalisasi taman yang transparan dan menjaga lingkungan sekitar taman dengan mengelola limbah rumah tangga.

"Kita harus sadarkan warga juga untuk meningkatkan pengelolaan limbah mereka karena (saluran air) ini banyak limbah rumah tangga. Jadi, nanti akan fokus kepada sumur resapan sehingga masyarakat dapat kelola limbah mereka sendiri, berlangganan dengan PD PAL Jaya," terangnya.

Wagub Sandiaga berharap RTH dan taman-taman di Jakarta menunjukkan perilaku metropolis masyarakat kelas dunia yang tidak membuang sampah sembarangan dan tertata rapi. Apalagi, Wagub Sandiaga melihat langsung Taman Langsat dimanfaatkan baik oleh warga untuk beraktivitas olahraga bersama pada pagi hari. (Puji)