BREAKINGNEWS.CO.ID- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat Capres yang ke-IV dengan tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional di Hotel Shari La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019) malam.
 
Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), Boni Hargens menilai debat tersebut Joko Widodo (Jokowi) yang memimpin klasemen. Boni melihat dari sisi substansi dan penguasaan panggung. 
 
"Pak Jokowi itu memimpin ya. Dari segi substansi maupun dari sisi penguasaan panggung," ujar Boni kepada wartawan di Maria Convention Hall, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (31/3/2019). 
 
Bahkan kata Boni, Jokowi lebih berkarakter militer ketimbang Capres Prabowo Subianto. Hal tersebut kata Boni lantaran Jokowi mampu menjelaskan postur pertahanan RI. 
 
"Saya melihat Jokowi justru lebih tentara, lebih militer dari Prabowo. Dia lebih mampu menjelaskan postur pertahanan kita dan juga skenario penguatan pertahanan dan keamanan kita," tegasnya. 
 
Sementara Prabowo kata Boni masih terpaku dengan masa lalu dan wacana yang dibangun secara sunstansial belum konkrit. "Prabowo masih terpaku di masa lalu. Wacana belum konkrit bagaimana  bisa ke depan membangun pertahanan keamanan lebih kuat," katanya. 
 
"Saya melihat logika pak Prabowo masih logika konflik, logika perang. Sementara pak Jokowi mengangkat logika perdamaian. Itu tergambar dalam strategi politik luar negeri beliau, maupun juga dalam skenario dalam pertahanan keamanan," tambahnya.