BREAKINGNEWS.CO.ID - Sebagai daerah pertemuan budaya antara Jawa dan Sunda, Cirebon menyimpan banyak keragaman budaya yang menarik bagi para wisatawan.

Sejak lama, seluruh agama dan kepercayaan hidup saling berdampingan dan menghargai satu sama lainnya. Bahkan, tidak jarang masyarakat dari satu agama membantu perayaan besar agama atau kepercayaan lainnya.

Oleh karena itu, Cirebon bisa menjadi destinasi wisata religi dan budaya saat ingin melakukan aktivitas traveling. Berikut ini spot wisata religi, sejarah, dan kebudayaan yang bisa kamu sambangi saat traveling ke Cirebon.

Taman Sari Gua Sunyaragi

Sejak lama gua menjadi tempat untuk para pertapa maupun kalangan kerajaan untuk menyepi dari keramaian. Salah satu bekas peninggalannya adalah Gua Sunyaragi ini. Sunya yang berarti sepi dan ragi yang artinya raga.

Begitu sampai di Taman Sari Gua Sunyaragi, kamu akan menemui dua bangunan utama yakni pesanggrahan dan gua. Kalau mau foto-foto buat konten media sosial di sini, boleh banget! Tapi jangan lupa jangan kebersihan, ya!

Makam Sunan Gunung Jati

Kawasan yang satu ini buka 24 jam, lho. Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang menyebarkan ajaran Islam. Makamnya pun menjadi tujuan wisata yang kerap dikunjungi umat Muslim yang ingin napak tilas.

Karena alasan keamanan maka makamnya hanya boleh dikunjungi oleh keluarga Keraton dan keturunannya, serta para tamu kehormatan. Terdapat sembilan pintu di komplek Makan Sunan Gunung Jati. Pintu yang boleh dimasuki pengunjung adalah Lawang Krapyak.

Klenteng Talang

Sejak lama umat Muslim dan Kong Hu Chu telah lama hidup damai berdampingan. Kelenteng Talang ini buktinya. Pada bagian papan di tembok Kelenteng terdapat silsilah dari Hayam Wuruk, Raja terbesar Kerajaan Majapahit sampai ke pendiri Kelenteng Talang, Tan Sam Cay.

Silsilah ini menunjukkan kedekatan darah raja-raja Jawa dan keturunannya dengan para Cina perantauan dan keturunannya. Dengan mengunjungi kelenteng ini kamu bisa belajar bahwa keberagaman bisa terwujud dengan saling menghargai dan menjalin relasi.

Gua Maria Sawer Rahmat

Gua Maria Sawer Rahmat adalah destinasi yang terkenal untuk pemeluk agama Katolik maupun turis. Gua besar ini memiliki patung Maria berwarna putih setinggi dua meter dan berdiri dengan tangan terkatup. Dibawah patung Maria ada banyak bunga-bunga dan lilin-lilin yang dinyalakan peziarah.

Suasana di sekitar Gua Maria Sawer sangatlah asri. Pedesaan yang hijau dan persawahan yang indah serta udara dingin khas dataran tinggi membuat perjalanan terasa menyenangkan. Selain itu di tempat ini juga ada mata air jernih yang airnya bisa diminum jika haus.

Paseban Tri Panca Tunggal

Ini yang mungkin nggak pernah kamu temui. Bertempat di Kampung Wage, Kelurahan Cigugur, Kuningan, Jawa Barat terdapat sebuah bangunan cagar budaya yang sudah berdiri sejak 1840.

Nama Paseban Tri Panca Tunggal sendiri berasal dari paseban yang berarti tempat bertemu atau berkumpul. Tri berasal dari bahasa Sangsekerta yang dapat dimaknai sebagai rasa, budi, dan pikir. Sedangkan Panca adalah panca indra, dan tunggal adalah Tuhan Yang Maha Esa.

Tempat ini merupakan tempat berkumpul orang yang memeluk kepercayaan Sunda Wiwitan. Setiap tanggal 22 bulan Rayagung Tahun Saka bulan terakhir dalam perhitungan kalender Sunda, diadakan acara Seren Taun sebagai bentuk doa dan syukur atas hasil panen.

Saat perayaan ini, umat beragama lain juga ikut berdoa bersama-sama dalam perayaan ini. Kalau ada kesempatan, langsung cuti dan mampir langsung ke Perayaan Sunda Wiwitan ini.

Abadikan perjalanan menikmatimu menikmati kuliner dengan GoPro HERO8 Black! HERO8 Black hadir dengan keunggulan stabilisasi video HyperSmooth 2.0 tingkat lanjut — stabilisasi jauh lebih sempurna dibanding HyperSmooth 1.0.

HyperSmooth 2.0 sendiri dapat digunakan dalam semua resolusi dan gerak bingkai, dilengkapi mode Boost baru, serta perataan horizon dalam aplikasi. Biar pengalaman merekam momen semakin sempurna, GoPro juga merilis Mod sebagai perangkat pelengkap GoPro HERO8 Black.

Biar momen traveling terlihat makin sempurna, kamu bisa menggunakan GoPro MAX. GoPro MAX adalah kamera GoPro lensa ganda yang unggul untuk merekam momen apapun.

GoPro MAX sendiri adalah kamera HERO lensa tunggal kedap air dengan stabilisasi maksimum, kamera 360 lensa ganda, atau kamera vlogging tingkat lanjut dengan layar hadap depan bawaan dan kemampuan audio mikrofon direksional.

MAX juga dilengkapi stabilisasi video tingkat lanjut yang tak terkalahkan dengan Max HyperSmooth. MAX juga dilengkapi empat lensa digital, termasuk Max SuperView ultra-wide baru—bidang pandang terluas dari GoPro.

Pembaruan tambahan termasuk penggabungan foto dan video 360 dalam kamera plus pengeditan konten 360 berbasis keyframe di aplikasi GoPro. Baik GoPro HERO8 Black maupun MAX keduanya sama-sama ringan saat dibawa! Jadi diajak traveling jauh pun nggak jadi soal.

Action camera GoPro dan semua aksesorisnya bisa kamu temukan di retail Urban Republic atau klik www.eraspace.com . Nikmati beragam penawaran dan promo cashback lain dengan menjadi member Eraclub.

Dapatkan poin loyalty setiap belanja gadget Erafone, Urban Republic, dan iBox. Poin bisa kamu gunakan juga belanja gadget di iBox, Erafone, dan Urban Republic. Dapetin juga kesempatan promo spesial cashback atau bonus lain saat menjadi member Eraclub.