BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Belanda sukses mengalahkan Swedia dengan skor 1-0 di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Rabu (3/7/2019) waktu setempat. Dengan demikian Belanda akan menantang Amerika Serikat di partai final Piala Dunia Wanita 2019.

Meskipun, kedua kesebelasan sama-sama menghasilkan sejumlah peluang, namun kedua tim harus puas bermain imbang tanpa gol di waktu normal. Pertandingan pun terpaksa dilanjutkan ke babak tambahan waktu 2x15 menit. Akhirnya Timnas wanita Belanda mampu mencetak keunggulan di menit ke-99. Jackie Groenen berhasil menyambar bola liar di tepi kotak penalti untuk menaklukkan kiper Hedvig Lindahl.

Lindahl tak mampu menggagalkan tembakan kaki kanan Groenen yang mengarah ke pojok kiri bawah gawangnya. Gol ini membuat suporter Belanda bersorak sorai. Swedia mencoba untuk mengejar ketinggalan di waktu tersisa, akan tetapi kerja keras yang dilakukan Stina Blackstenius dan kawan-kawan selalu tidak berhasil. Belanda pun sukses mempertahankan keunggulan dengan skor 1-0 hingga laga usai.

Tim berjuluk Leeuwinnen sukses mengukir sejarah lolos ke final di ajang empat tahunan ini. Prestasi terbaik Belanda sebelumnya adalah hanya mampu lolos ke babak 16 besar. Selanjutnya, Belanda akan menghadapi Amerika Serikat di Lyon pada Sabtu (7/7) mendatang. Sementara perebutan tempat ketiga antara Inggris vs Swedia akan digelar sehari sebelum final.

Susunan Pemain:

Belanda XI (4-3-3):

Sari van Veenendaal, Desiree van Lunteren, Stefanie van der Gragt, Dominique Bloodworth, Merel van Dongen, Jackie Groenen, Sherida Spitse, Danielle van de Donk, Lineth Beerensteyn, Vivianne Miedema, Lieke Martens.

Swedia XI (4-2-3-1):

Hedvig Lindahl, Hanna Glas, Nilla Fischer, Linda Sembrant, Magdalena Eriksson, Nathalie Bjorn, Caroline Seger, Sofia Jakobsson, Kosovare Asllani, Lina Hurtig; Stina Blackstenius.