JAKARTA - Amien Rais dipolisikan terkait ucapannya soal partai setan dan partai Allah. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan membela seniornya di partai itu. Zulkifli menilai Amien saat itu menyampaikan dalam konteks ceramah agama.

"Pak Amien, ini lho, teman-teman lihat, itu acaranya 212 subuhan. Kuliah subuh. Pak Amien diundang sebagai Ketua Penasihat Alumni 212. Jadi Pak Amien ceramah agama," ujar Zulkifli di sela acara 'Cangkrukan' di Surabaya, Jatim, Senin (16/4/2018).

Zulkifli meminta pernyataan Amien soal 'partai setan' tidak perlu dijadikan polemik. Ia mengatakan 'partai setan' tidak terkait dengan parpol di Indonesia. "Jadi jangan diperluas, nggak ada hubungan sama partai politik. Ini ceramah agama, ada dalam Alquran, ayatnya saya lupa, kamu cek sendiri. Kuliah subuh. Penasihat 212," kata Zulkifli, yang juga besan Amien.

Berkaitan dilaporkannya Amien, Zulkifli mengharapkan polisi bersikap adil.  Amien dituduh pelapor melakukan ujaran kebencian serta penodaan agama. "Yang paling penting polisi itu semua adil. Siapa yang lapor, periksa semua. Jangan 1 diperiksa, yang lain nggak," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi melaporkan Amien ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/2070/IV/2018/PMJ/Ditreskrimsus. Dia melaporkan Amien dengan tuduhan tindakan pidana ujaran kebencian SARA serta penodaan agama lewat media sosial. Seperti pasal 28 ayat 2, UU ITE, dan atau pasal 156 a KUHP.