BREAKINGNEWS.CO.ID – Bandara Internasional Soekarno Hatta sepertinya telah siap secara maksimal untuk menyambut para tamu ataupun para peserta yang akan bertanding di Asian Games 2018. Hal ini diyakini oleh Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoli saat melakukan kunjungannya ke bandara yang teletak di Tangerang pada Kamis (2/8/2018) pagi tadi.

Yasonna Laoli menilai kalau seluruh persiapan yang dilakukan pihak Bandara telah mencapai 99 persen. Tinggal bagaimana berkoordinasi dengan baik dengan pihak terkait untuk memantau agar semua pelaksanaan dapat berjalan dengan baik hingga akhir. "Persiapannya sudah sangat prima, tinggal apa yang kita katakan final touch. Antisipasi kedatangan maupun kepulangannya nanti, itu yang mau kita lakukan," ujar Yasonna dalam jumpa pers di Terminal III Bandara Soetta, Tangerang.

Demi menjamu para tamu dan peserta tersebut, Bandara Soekarno Hatta dipastikan akan menyiapkan 32 pintu di terminal kedatangan dan keberangkatan. Bahkan bagi para atlet, manajer serta pelatih, pihak Imigrasi Kemenkum akan memberlakukan treatmet khusus dengan merapkan pola penjemputan.

"Kalau suporter kan treatment-nya tentu berbeda dengan ofisial dan atlet. Namun kita mau memastikan semua tamu negara kita akan kita layani dengan baik," sambungnya. "Karena kita sudah punya data sebelumnya tentang ofisial dan atlet, sehingga pada waktu mereka masuk di counter Inasgoc itu (tugas) Imigrasi.”

Yasonna Laoli menambahkan kalau pihaknya sudah memiliki solusi khusus untuk mengantisipasi kepadatan penumpang di bandara saat Asian Games 2018 ini berlangsung. Solusi tersebut yakni dengan menyiapkan jalur khusus bagi bagi warga yang bepergian. Jalur ini untuk memisahkan calon penumpang dengan tamu Asian Games. "Kita punya autogate. Nanti orang Indonesia diarahkan sebisa mungkin melalui counter autogate. Kita memastikan counter-nya itu berfungsi dengan baik, supaya space yang ada untuk counter Imigrasi bagi ofisial dan tamu lainnya bisa terlayani dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Inasgoc Erick Thohir mengatakan pengamanan di Bandara Soetta diperketat dengan melibatkan personel gabungan. "Saya rasa Pak Menteri buat statement yang bagus sekali. Kita akan sukses kalau semua koordinasi dan bekerja sama dengan baik. Ini kesempatan kita menambah devisa negara, kesempatan kita juga mengenalkan ke dunia kalau kita ini bangsa yang hebat," kata Erick.