JAKARTA - Kawasan IRTI (Ikatan Restoran dan Taman Indonesia) Monas hingga Istana Negara, Jakarta diprediksikan bakal terjadi macet, Senin (29/1/2018). Hal ini disebabkan oleh adanya demo taksi online yang menuntut Presiden Jokowi untuk mencabut Permenhub 108 2017.

Koordinator Forum Komunikasi Pengemudi Online (FKPO), Aries Rinaldy mengatakan, peserta demo akan datang dari Jabodetabek, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang. "Mungkin jumlah pesertanya ada 5.000. Dari Jogja sudah tiba, Bandung ada 50 kendaraan, sudah ada 4 bus di Istiqlal, ada perwakilan dari Surabaya, Semarang, dan Jabodetabek full tim," kata Aries.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, mengukapkan pihaknya akan menurunkan 4000 personil untuk mengawal unjuk rasa tersebut.
"Ada 4.000-an personel gabungan dari TNI, Polri, dan Pemprov DKI," Kata Argo Yuwono.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 terkait taksi online tetap berlaku mulai 1 Februari 2018.

Budi mengungkapkan, aturan ini akan tetap dijalankan dan berlaku sesuai dengan apa yang telah ditetapkan. Namun, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama pihak terkait tetap akan melakukan langkah-langkah persuasif terhadap penolakan tersebut. "(Aturan) Harus jalan, bahwasanya usaha persuasif akan kita lakukan," ujar dia di Kantor BMKG, Jakarta, Jumat (26/1).