JAKARTA - Di bawah merek ROG, ASUS memperkenalkan kategori produk yang sama sekali baru dalam Computex 2018. Perusahaan asal Taiwan itu kini menyediakan liquid cooler yang dinamai ROG Ryujin dan ROG Ryuo.

Seperti dilansir dari AnandTech, Senin (4/6/2018), Ryujin tersedia dalam dua ukuran, yaitu 240mm dan 360mm. Head of Product ROG, Kris Huang menyebutkan, air-cooling system mungkin memiliki desain yang lebih estetis, tapi sistem pendingin tersebut biasanya tidak bisa menyalurkan udara ke bagian CPU.

"CPU yang di-overclock mungkin akan menjadi terlalu panas," kata Kris, menyebutkan masalah yang biasa ditemui pada air-cooling system. Masalah inilah yang ASUS coba selesaikan dengan meluncurkan Ryujin dan Ryuo.

ASUS juga memasangkan kipas 60mm dari Noctua di Ryujin. Tujuannya untuk menghasilkan aliran di udara di sekitar CPU. Kris mengklaim, kipas ini dapat bekerja tanpa mengeluarkan suara yang bising.

Tidak hanya fokus untuk memberikan performa yang bagus, ASUS juga ingin membuat liquid cooler terbarunya tampil menarik. mereka memasang layar 1,77 OLED inci pada Ryujin. Kris menjelaskan, layar OLED tersebut akan menampilkan informasi seperti suhu CPU, frekuensi CPU, dan lain sebagainya.

ROG Ryuo merupakan liquid cooler kelas pemula dari ASUS. Ryuo hadir dalam varian 240mm dan 120mm. ASUS menyebutkan, Ryuo ditujukan untuk orang-orang yang ingin membuat PC gaming yang tidak terlalu besar.

Sistem pendingin ini memiliki kipas radiator yang didesain oleh ASUS sendiri untuk menghasilkan aliran udara yang maksimal. Sama seperti Ryujin, Ryuo juga dilengkapi dengan layar OLED serta kompatibel dengan Aura Sync RGB.