JAKARTA - Apple telah merilis pembaruan perangkat lunaknya karena menemukan bug di sistem operasi iOS, watchOS, tvOS, dan macOS yang mampu membuat sejumlah aplikasi dalam keempat OS tersebut mengalami crash terus-menerus, yang dikarenakan masalah penggunaan alfabet India Telugu. Seperti dilansir dari Ars Technica, Selasa (20/2/2018).

Sebagai perusahaan yang memiliki kantor developer di India, rasanya agak aneh bila produk Apple bermasalah dengan bahasa negara tersebut. Tapi ternyata hal ini benar-benar terjadi. dan lucunya, crash ini muncul hanya karena satu huruf saja. Huruf yang dimaksud berasal dari bahasa Telugu, bahasa lokal terpopuler ketiga di India setelah bahasa Hindi dan Bengali. Bila huruf ini muncul dalam aplikasi Apple tertentu seperti Twitter, WhatsApp, atau email, maka aplikasi itu akan mengalami crash.

Beberapa hari yang lalu, orang mulai menyadari dan menyebarkan bahwa karakter tertentu yang spesifik dengan alfabet India Telugu dapat menyebabkan tumpukan kesalahan jika karakter itu diterima dalam pesan, ditemukan dalam dokumen, atau disisipkan ke dalam bidang teks. Beberapa orang mulai melakukan troll dengan mengeposkan karakter ke Twitter dan di tempat lain menyebabkan pengguna perangkat Apple mengalami crash.

Pembaruan tidak menambahkan fitur baru ke platform mana pun dan tidak menawarkan pembaruan keamanan lainnya. Pembaruan sebelumnya terhadap platform ini juga merupakan perbaikan bug, dan Apple merilis update untuk menanggulanginya. dengan mengunduh iOS 11.2.6, watchOS 4.2.3, tvOS 11.2.6, dan macOS High Sierra 10.13.3 Supplemental Update agar terhindar dari alfabet Telugu. Apple juga melengkapi dukungan untuk Apple HomePod yang baru dirilis dan menambahkan beberapa fitur Siri yang telah dikembangkan untuk perangkat itu.