BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco sangat berharap jika seri balapa kedelapan MotoGP 2018 yang akan berlangsung di sirkuit Sachsenring, Jerman pada Minggu (15/7/2018) akan berjalan tanpa dihiasi dengan hujan. Mengingat YZR-M1 tunggangannya tak cukup bersahabat dengan lintasan yang menjadi favorit tim Honda tersebut. Namun demikian ia mengaku cukup bersemangat untuk menjalani balapan pada akhir pekan, dan bertekat dapat mengulani torehan postif timnya, lewat mantan tandemnya Jonas Folger pada musim lalu.

Sachsenring dikenal sebagai sirkuit yang lebih bersahabat untuk Honda ketimbang Yamaha, mengingat Marc Marquez telah memenangi MotoGP Jerman sejak debutnya pada 2013. Hal ini pun menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para pembalap Yamaha.

Zarco sendiri juga tak terlalu gemilang setiap kali menyambangi Sachsenring. Sejak debutnya di GP125 pada 2009, ia baru tiga kali naik podium di sana, yang salah satunya merupakan kemenangan di kelas Moto2 2016. Dalam rilis resmi tim, Zarco pun menyatakan bahwa Sachsenring merupakan sirkuit kecil yang menarik dan menyenangkan, namun hujan lebat yang terkadang mengguyur sirkuit cukup membuatnya cemas.

"Meski sirkuitnya menakjubkan dan punya grip yang baik, saya justru cemas karena sungguh tak bisa dipercaya seberapa jauh Anda bisa melaju miring dalam kondisi basah. Bila kering, saya harap cuacanya hangat, karena saya nyaman dengan kondisi ini, terutama untuk sisi kanan ban karena banyak tikungan ke kiri, hingga sisi kanan ban selalu agak lebih dingin," ungkapnya.

Target Zarco 

Tahun lalu, Zarco juga tampil tak begitu kompetitif, mengingat ia hanya mampu finis kesembilan. Sebaliknya, tandemnya kala itu, Jonas Folger justru memimpin berlap-lap lamanya, bertarung dengan Marquez demi kemenangan dan akhirnya finis kedua. "Tahun lalu saya finis kesembilan dan eks tandem saya, Jonas Folger menjalani balapan dengan fantastis di seri kandangnya ini. Saya ingin memahami hal apa saja yang saya butuhkan untuk bisa mengulang hasil Jonas dan naik podium, pasti bakal menyenangkan," ucap pembalap asal Prancis ini.