BREAKINGNEWS.CO.ID - Dalam undian Babak kedua Kualifikasi Asia untuk Piala Dunia FIFA 2022, Indonesia memang terhindar darim tim-tim besar langganan lolos ke Piala Dunia. Bahkan Indonesia berada di gurp yang lega, meski tidak bisa dikatakan enteng.

Tampil sebagai grup dengan unggulan terendah, Andik Vermansyah cs. berada di Grup G bersama tetangganya dari Asia Tenggara. Tim-tim ASEAN seperti Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia berada dalam satu grup dengan ditambah “tamu” yakni Uni Emirat Arab.

Ini memang bukan grup neraka karena peluang setiap tim di grup itu tetap terbuka. Terlebih diantara empat negara Asia Tenggara, boleh dibilang satu sama lain sudah saling mengenal dan mengerti keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Apalagi jika bermain kandung dan tandang.

Kemungkinan tim asuhan Simon McMenemy Unggul atas Thailand, Vietnam dan Malaysia di kandung sangat besar. Apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah terlebih dulu untuk Malaysia pada 5 September 2019 dan untuk Thailand pada 10 September 2019.

Andi bisa memperoleh dua poin kemenangan pada awal kampanye mereka, maka Indonesia Andik Vermansyah cs. bisa lebih berpeluang. Terlebih posisi underdog yang dimiliki Indonesia, bisa memotivasi para pemain.

Widodo C. Putro, pelatih Persita Tangerang.

“Kalau melihat posisi kita yang dianggap tim bukan unggulan bahkan masuk dalam pot tim terlemah di grup itu, saya melihatnya sebagai sebuah keuntungan. Dulu ketika kami main di Piala Asia, saat tidak diunggulkan, kami malah bisa tampil mengejutkan,” kata Widodo Cahyono Putro, mantan striker timnas.

Hanya saja pelatih Persita Tangerang itu, tetap mengakui jika Indonesia berada di grup berat untuk lolos. “Bagaimana pun grup ini tetap berat. Bahkan tidak ada grup enteng atau mudah di mata saya. Namun yang harus dimiliki para pemain timnas adalah semangat juang untuk bertarung dan ingin menang,” kata Widodo.

Keuntungan Indonesia kali ini adalah sudah mengenal baik calon-calon lawannya. “Jadi mereka sudah tidak buta lagi dengan lawannya, begitu pula sebaliknya. Bahkan Uni Emirat Arab, bukan lawan yang asing bagi Indonesia. Ini kesempatan yang harus dimanfaatkan,” ujarnya.  Widodo sendiri adalah striker yang pernah membuat gol indah salto di gawang Kuwait pada Piala Asia 1996 yang digelar di Uni Emirat Arab.