BREAKINGNEWS.CO.ID – Saat ini siapa yang tidak tahu aplikasi pesan instan bernama WhatsApp. Tingkat popularitas WhatsApp memang luar biasa, mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Dan ini menjadi suatu hal yang wajar mengingat hampir setiap pengguna Smartphone memasang aplikasi tersebut.

Layanan WhatsApp memang terbukti lebih baik dan nyaman digunakan untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Bukan hanya fitur berkomunikasi yang lengkap saja, melainkan beberapa fitur juga mampu membuat para penggunanya lebih puas.

Dan untuk membuktikan seberapa populer aplikasi ini, belum lama ini telah muncul data yang meringkas secara rinci deretan aplikasi yang paling banyak diunduh selama tahun 2018. Dan ternyata jumlah yang didapat oleh aplikasi WhatsApp nggak masuk akal, pasalnya jumlah unduhannya selama setahun terakhir ini sebanyak 779 juta kali unduhan.

Jumlah tersebut jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah unduhan dari aplikasi lain seperti Helix Jump misalnya yang cuman mendapat jumlah unduhan 334 juta saja. Hasil ini telah dirilis oleh Apptopia yang merupakan perusahaan big data yang rutin untuk merilis berbagai macam data serupa.

Data ini sendiri hanya menunjukkan 8 kategori aplikasi saja dimana untuk layanan WhatsApp masuk ke dalam kelas Sosial. Selain itu, untuk data ini hanya diambil dari pengguna yang melakukan pengunduhan melalui App Store dan Google Play Store saja, bukan dari layanan lain.

Cukup mengejutkan memang untuk data ini, karena dalam Top 10 kategori sosial tidak lagi ada aplikasi YouTube dan WeChat dimana kedua aplikasi ini masih eksis di tahun kemarin. Akan tetapi, keduanya telah digantikan dengan beberapa aplikasi baru seperti Tik Tok dan Vigo Video.

Sementara itu dalam kategori Games, Helix Jump telah berhasil membuktikan kalau dirinya lebih fenomenal dan banyak diminati ketimbang PUBG Mobile dan juga Fortnite. Bahkan, VP Riset Apptopia bernama Adam Blacker telah menyebut kalau Voodoo selaku pengembang games terpopuler ini menjadi publisher teratas game mobile global edisi 2018 dengan 1.2 juta kali unduhan.