JAKARTA - Kemenhub angkat bicara soal video viral anak-anak di Papua yang main ayunan menggunakan baling-baling helikopter. Kemenhub mengatakan helikopter yang menjadi mainan itu sudah rusak dan tidak terpakai lagi. Melalui akun Twitter, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub mengatakan video itu sengaja diviralkan. Barang yang menjadi mainan yaitu bekas helikopter MI 8 Register negara Afrika ST- MGA "Sudah rusak dan sudah dinyatakan scrap pada 2013," tulis Ditjen Perhubungan Udara lewat akun Twitter @djpu151, Rabu (7/2/2018).

 

Helikopter itu telah menjadi barang rongsokan. Operatornya juga sudah dicabut ijin pengoperasiannya. "Helicopter tersebut pernah sebelumnya dioperasikan oleh PT Manunggal Air sampai pertengahan 2013, dan sejak Agustus 2015 operator sendiri telah dicabut ijin pengoperasiannya," jelas Ditjen Perhubungan Udara.

Video itu viral dalam beberapa hari terakhir. Ada yang memuji kerennya anak-anak Papua itu, menyoroti kebahagiaan mereka, sampai mempertanyakan kondisi yang mengerikan itu.