JAKARTA - Kabar duka menyelimuti dunia presenter kuliner di Indoneia. Bondan Winarno yang merupakan penulis, wartawan, sekaligus pelopor wisata kuliner, meninggal dunia di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, Rabu (29/11/2017) pukul 09.05 pagi. Bondan yang terkenal dengan jargon "Mak Nyus" wafat pada usia 67 tahun. Bondan dirawat karena menjalani operasi jantung, selain itu ia juga menderita  komplikasi penyakit lainnya.

Kabar duka tersebut terungkap lewat kicauan sejumlah akun twitter pengamat kuliner Indonesia sekaligus Founder of Kelana Rasa Culinary Ade Parikesit dalam twitter-nya "Mendapat berita duka cita yang bikin lemes mendadak, guru dan teman kita semua Pak Bondan Haryo Meninggal dunia"



Kepergian Bondan yang begitu tiba-tiba ini cukup membuat sejumlah fans dan sahabat berduka. Pasalnya ia dikenal sebagai pakar kuliner yang rendah hati dan selalu memberikan kritik membangun dalam setiap acaranya.

"Iya saya sudah dengar, semoga Pak Bondan dapat tempat di sisi Allah. Saya dan teman-teman berencana melayat, tapi belum tahu jamnya, saya kaget, karena kelihatannya biasa saja, sehat-sehat saja," kata pakar kuliner Sisca Soewitomo. "RIP Pak Maknyuss...Bondan Winarno," tulis fans. "Selamat jalan pak bondan," ujar fans lainnya.

Sebelum terkenal sebagai presenter kuliner, pakar kuliner kelahiran Surabaya ini mengawali kariernya sebagai seorang penulis dan wartawan di Suara Pembaruan. Dia memelopori dan menjadi Ketua Jalansutra, suatu komunitas wisata boga yang cukup terkenal di Indonesia.

Dikutip dari laman wikipedia, Bondan merupakan seorang wartawan Indonesia dengan berbagai kebiasaan. Namanya mulai dikenal setelah menjadi presenter dalam acara Wisata Kuliner yang dikenal dengan ungkapan 'pokoe maknyus', selain itu ia yang mendirikan Kopitiam Oey.

Selamat jalan Pak Bondan, tempat terbaik untukmu!