RIO de JANEIRO – Pada umumnya jari pada tangan dan kaki manusia hanya berjumlah 10, akan tetapi tidak demikian dengan satu keluarga di Brasil. Aneh, unik dan nyata, mayoritas anggota keluarga ini terlahir dengan jari berjumlah 12, terkecuali sang ibu.

Sang ibu memiliki lima jari tangan juga kaki. Itu berarti ada kemungkinan 50% anak-anaknya mewarisi sindrom dari sang ayah. Kasus seperti ini dialami oleh keluarga Da Silva. Sebanyak 14 anggota keluarganya, termasuk bayi yang baru lahir, memiliki total 12 jari pada tangan atau kakinya, Seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (18/10/2017).

Dalam keluarga tersebut, mayoritas terlahir dengan enam jari tangan atau kaki. Hal itu terjadi akibat sindrom genetik polydactyly atau sindrom kelebihan jari yang relatif biasanya bisa terjadi pada sekitar 1 dari 1.000 bayi.

Meski memiliki jumlah jari yang tidak biasa, anggota keluarga Da Silva mampu beraktivitas seperti biasa. Bahkan, mereka cukup fleksibel untuk bermain musik dan olahraga, terutama sebagai penjaga gawang dalam pertandingan sepak bola.

"Ada berbagai mutasi yang berakibat pada kondisi ini. Namun dalam kasus jari tangan dan kaki ekstra, maka kami melihat adanya misexpression pada gen yang biasanya menghasilkan pola baru...," ujar ilmuwan genetika, Dr Laura Lettice.

"Jika ibu atau ayah Anda memiliki kondisi tersebut, berarti Anda memiliki peluang 50/50 untuk mewarisinya," ujar Lettice.