BREAKINGNEWS.CO.ID – Pengundian babak 16 besar UEFA Champions League musim 2018/2019 sudah dipastikan pada Senin (17/12/2018), seluruh klub seperti Barcelona dan Real Madrid sudah dijadwalkan akan menjalani laga tandang serta kandang guna menghadapi lawannya masing-masing.

Beberapa undian mempertemukan klub-klub dengan nama besar, seperti Manchester United dengan Paris Saint-Germain dan Liverpool dengan Bayern Munich. Sementara klub-klub tenar lain bertemu dengan tim kuda hitam, seperti Juventus dengan Atletico Madrid dan Madrid dengan Ajax Amsterdam. Rekor pertemuan menjadi salah satu sisi menarik dalam pertemuan antar klub di babak 16 besar Liga Champions 2018/2019. Beberapa tim akan menjalani laga perdana dengan lawan mereka di pertandingan kompetitif, sementara di beberapa laga lainnya merupakan laga yang tidak asing bagi kedua kesebelasan.

Berikut Rekor Duel Klub di Babak 16 Besar Liga Champions 2018/2019:

Schalke 04 vs Manchester City

Kedua kesebelasan sudah tiga kali bertemu di ajang kompetitif. Pertemuan terakhir antara Die Koenigsblauen dan The Citizens terjadi pada 2008 lalu pada fase grup Piala UEFA yang berakhir dengan kemenangan Man City. Dua pertemuan sebelumnya berlangsung pada final Piala Winners 1970 silam. Schalke menang 1-0 di leg pertama, yang kemudian dibalas dengan kemenangan 5-1 Man City di leg kedua.

Manchester United vs Paris Saint-Germain

The Red Devils dan Les Parisiens belum pernah bertemu di pertandingan kompetitif. Laga yang akan berlangsung di Stadion Old Trafford pertengahan Februari 2019 mendatang akan menjadi catatan pertemuan pertama bagi kedua kesebelasan di ajang resmi.

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Spurs dan Dortmund sudah empat kali bertemu sejak 2016 lalu. Kedua klub itu mengantongi dua kemenangan. Dortmund membukukan kemenangan dengan skor 3-0 dan 2-1 pada babak 16 besar Liga Europa. Satu musim selanjutnya, anak asuh Mauricio Pochettino membalas dengan kemenangan ganda 3-1 dan 2-1 pada fase grup Liga Champions yang membuat Spurs kukuh sebagai pemuncak klasemen.

Liverpool vs Bayern Munich

Dua kesebelasan yang sudah memijak kompetisi Eropa sejak puluhan tahun lalu tersebut memiliki catatan pertemuan sebanyak tujuh kali. Liverpool tercatat hanya kalah satu kali, yakni pada tahun 1972 silam, dan meraih kemenangan dua kali, serta tiga laga berakhir imbang. Pertemuan terakhir Liverpool dan Bayern terjadi pada Piala Super Eropa 2001 yang berakhir dengan skor 3-2 untuk klub yang bermarkas di Anfield tersebut.

Atletico Madrid vs Juventus

Atletico dan Juve baru bertemu dua kali di Liga Champions, yakni pada fase grup 2014/2015. Klub Merah Putih dari kota Madrid tercatat menang sekali dan satu laga lain berakhir imbang tanpa gol. Sedangkan lima pertemuan antara kedua klub sebelumnya berlangsung di Inter Cities Fairs Cup 1963/1964 dan 1964/1965. Juventus tercatat menang tiga kali, sementara dua laga lainnya dimenangi Atletico.

Olympique Lyon vs Barcelona

Barcelona memiliki keunggulan empat kemenangan dari enam pertemuan dengan Lyon. Sementara dua laga lain berakhir imbang. Pertemuan antara Lyon dan Barcelona selalu terjadi di Liga Champions, empat kali di fase grup dan dua kali di babak 16 besar.

AS Roma vs Porto

Roma dan Porto sudah pernah bertemu dalam empat laga resmi. Porto tercatat menang dua kali dan Roma belum pernah mencatatkan kemenangan. Pertemuan terakhir antara wakil Italia dan Portugal itu terjadi pada kualifikasi Liga Champions 2016/2017. Porto meraih kemenangan 3-0 di leg pertama yang berlangsung di ibu kota Italia dan leg kedua berakhir imbang 1-1.

Ajax Amsterdam vs Real Madrid

Di antara delapan laga lain yang terjadi dalam babak 16 besar Liga Champions, pertemuan Ajax dengan Real Madrid merupakan yang paling sering. Kedua kesebelasan sudah saling jumpa sebanyak 12 kali di Liga Champions. Madrid menang tujuh kali dan Ajax menang empat kali, serta satu laga berakhir imbang. Real Madrid menang 4-1 dalam pertemuan terakhir kedua kesebelasan yang terjadi pada fase grup 2012/2013.