BREAKINGNEWS.CO.ID - Pemain bertahan milik Persebaya Surabaya, Otavio Dutra, selangkah lagi resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Pemain asala Brasil tersebut hanya tinggal menunggu surat pengesahan dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi).

Proses naturalisasi Dutra sejatinya sudah dimulai sejak Juli lalu. Ia pun sudah mendapatkan rekomendasi dari Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat RI (DPR RI) pada 24 Juli 2019. Sebelumnya, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) sempat memulangkan Dutra dari pemusatan latihan Timnas ke Persebaya dikarenakan proses naturalisasi yang masih tersendat. Manajemen Bajul Ijo pun mempertanyakan keputusan PSSI yang plin-plan terkait status Dutra.

Pada Senin (2/9/2019), Dutra juga sudah mendapatkan rekomendasi dari Komisi III DPR RI. Artinya, proses Dutra menjadi WNI tinggal selangkah lagi, yakni pengesahan dari Presiden. "Persebaya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly beserta jajaran, dan Bapak Aziz Syamsuddin dari Komisi III DPR RI beserta jajaran, yang telah membantu lanjutan proses naturalisasi Otavio Dutra," tulis Persebaya lewat Instagram resmi.

Dengan tuntasnya proses di Komisi III, Dutra tingga menunggu surat pengesahan dari Presiden Jokowi untuk dilakukan pengambilan sumpah. "Terima kasih tak terhingga juga kami sampaikan kepada Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan Bapak Sekretaris Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gatot S Dewabroto yang terus mengawal proses naturalisasi."

"Semoga Dutra secepatnya sah menjadi WNI sehingga bisa membela Timnas Indonesia." Apabila surat rekomendasi dari Jokowi bisa turun dalam waktu dekat, Dutra kemungkinan bisa membela Timnas Indonesia vs Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9) mendatang.