BREAKINGNEWS.CO.ID - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Shinta Danuar yang sudah 4 tahun terbaring lumpuh di Rumah Sakit Pinghe Hsincu, Taiwan, akan dipulangkan ke Indonesia pada Kamis (29/11/2018).

Kepastian kepulangan Shinta ini disampaikan oleh Icko Rahma, relawan dari Rumah Aspirasi yang mendampingi Shinta dan ibunya Suryati di Taiwan.

Rahma menyebut, Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taiwan dan pihak Emergency Medical Services (EMS) setempat yang  menginformasikan kepadanya soal kepulangan TKI asal Banyumas, Jawa Tengah itu.

"Sudah dipastikan sama Pak Didi Sumadi (Kepala KDEI di Tawan) dan pihak EMS kalau Shinta pulang hari Kamis (29/11/2018). Kita doakan saja supaya semuanya lancar," kata Rahma saat dihubungi wartawan, Selasa (27/11/2018).

"Kami yang mendampingi Shinta dan ibu (Suryati) ikut senang, karena akhirnya apa yang diinginkan keluarga dan yang kita upayakan bersama-sama supaya Shinta kembali ke Indonesia, terwujud juga," tandasnya.

Sementara itu ibunda Shinta, Suryati mengaku bahagia atas kabar kepastian pihak pemerintah lewat KDEI untuk memulangkan anaknya ke Indonesia pada 29 November.

"Alhamdulillah ibu merasa lega setelah diberitahu (KDEI) kalau anak saya pulangnya lusa. Kami dari keluarga ngucapin banyak-banyak terima kasih buat semua yang sudah membantu mengurus kepulangan Shinta," ujarnya.

Sebelumnya, Didi Sumadi mengatakan, Tim KDEI Taiwan akan menggunakan fasilitas khusus EMS yang dilengkapi dengan peralatan medis serta perawat yang akan menjaga kondisi Shinta selama penerbangan dari Taiwan hingga ke Jakarta pada Kamis nanti.

Menurutnya, ibunda Shinta didampingi oleh tim KDEI Taiwan akan turut dalam penerbangan tersebut. Pemerintah Indonesia menanggung sepenuhnya biaya pemulangan hingga perawatan lanjutan Shinta Danuar di Indonesia.

“Koordinasi dengan Pemerintah Indonesia terus kita lakukan. Saat ini rumah sakit rujukan untuk perawatan lanjutan Shinta juga telah siap,” kata Didi kepada wartawan, Selasa (27/11/2018).

Kepastian kepulangan Shinta ini juga disampaikan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Maruli A Hasoloan.

"Sesuai dengan koordinasi dengan KDEI Taiwan dan jasa penerbangan, saudara Shinta akan dipulangkan ke Tanah Air tanggal 29 November 2018. Semoga tidak ada kendala,” kata Marula kepada wartawan, Selasa (27/11/2018).

Diberitakan, Shinta Danuar berangkat ke Taiwan untuk bekerja sebagai caregiver pada awal 2014. Shinta diberangkatkan oleh sebuah perusahaan pengerah tenaga kerja di Jakarta Barat.

Shinta mulai dirawat di Unit Perawatan Intensif Rumah Sakit Pinghe Hsincu, Taiwan, sejak 31 Desember 2014, atau hanya 9 bulan sejak mulai bekerja. Shinta dirawat karena didiagnosa terserang virus di tulang belakang yang menyebabkan kelumpuhan dan infeksi.