BREAKINGNEWS.CO.ID - Musim kemarau yang berkepanjangan membuat sejumlah petani bahkan masyarakat mengalami kekeringan air dan gagal panen. Kondisi ini disebabkan karena tingkat pemanasan global di dunia yang semakin parah. Salah satu hal yang sebenarnya menyebabkan pemasan global semakin tidak terkontrol adalah pemborosan pemakaian energi listrik pada semua lini.

Terlalu sering menggunakan lampu pada siang hari, penggunaan gadget, AC, kulkas hingga energi listrik lainnya bisa menyebabkan perubahan musim semakin tidak stabil. Selain itu, pemborosan dalam menggunakan energi bisa menyebabkan tagihan bayar listrik menjadi semakin membengkak. 

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar masyarakat masih sulit untuk berhemat listrik.  Pasalnya, listrik sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang tidak dapat dipisahkan. Jika kamu masih bingung bagaimana cara penggunaan energi yang efesien dan tidak berlebihan, sebaiknya mulailah berhemat menggunakan listrik dengan menerapkan beberapa trik berikut ini.

Cara Hemat Pemakaian Listrik Rumah

Kebisaan buruk yang kerap dilakukan oleh banyak orang adalah malas untuk mencabut kabel setelah menggunakannya. Saat kamu sedang mengisi daya gadget sebaiknya biasakan untuk langsung mencabut kabel usai penggunaan. Sekalipun saklar sudah dalam keadaan mati, namun listrik yang dialiran masih bekerja, meski dalam skala kecil.

Kamu juga harus membiasakan diri untuk mematikan lampu atau peralatan lain usai menggunakannya, supaya tagihan bayar listrik tidak membengkak. Selanjutnya, cara paling sederhana yang sebenarnya bisa kamu lakukan adalah menggunakan listrik sistem pulsa. Trik ini bisa membuat kamu lebih hemat supaya pulsa listrik tidak habis sebelum waktunya.

Cara Hemat Pemakaian Listrik AC

Penggunaan AC merupakan salah satu penyumbang borosnya penggunaan listrik harian. Sebelum membeli AC, sebaiknya kamu memilih tipe yang hemat listrik dengan kualitas pendingin maksimal. Selain itu, kamu harus lebih bijak menggunakan AC. Matikan AC setiap kali ruangan dalam keadaan kosong.

Apabila kamu memiliki AC di rumah, sebaiknya gunakanlah pada malam hari saja dan menyalakan kipas angin untuk menyejukan ruangan. Kamu juga bisa melakukan pegaturan pada remote AC supaya dapat mati secara otomatis pada jam tertentu. Jangan biarkan biaya listrik menunggak hanya karena kamu lupa mematikanya.

Cara Hemat Pemakaian Listrik Mesin Cuci

Penggunaan mesin cuci front loading atau top loading memang lebih praktis dibandingkan dua tabung. Akan tetapi, mesin cuci satu tabung menyumbang pengeluaran energi listrik yang lebih besar. Biasanya mesin cuci dengan kapasitas yang besar, dilengkapi dengan pengering dan keluaran air secara otomatis, bisa memakan biaya listrik cukup tinggi.

Semakin lama mesin cuci mengisi air, maka daya listrik yang keluar menjadi kian besar. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan sebelum membeli mesin cuci, kamu mencari yang hemat listrik dan air. Kamu juga harus mengecek apakah aliran air di rumah kencang atau tidak. Masalahnya semakin lama kamu menggunakan air, maka biaya listrik juga ikut meningkat. Jadi, jangan pernah melewatkan hal kecil yang sebenarnya memakan energi listrik cukup besar, ya!

Cara Hemat Pemakaian Listrik Kulkas

Penggunaan kulkas yang tepat sebenarnya tidak hanya membantu kamu berhemat energi listrik, tetapi juga membuat lemari es awet dalam waktu lama. Kamu harus selalu memperhatikan suhu dari kulkas tersebut. Pada kulkas bagian bawah, kamu dapat mengaturnya di suhu 2-4 derajat celcius. Sedangkan pada bagian freezer, kamu dapat memasangnya di suhu -15 derajat.

Saklar kulkas sebenarnya tidak boleh dilepas pasang, karena bisa membuatnya cepat rusak. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika sesekali waktu kamu melepas kabel pada saat ingin meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Namun, pastikan tidak ada bahan makanan yang cepat basi sebelum mencabutnya.

Jadi, ini saatnya kamu mulai belajar berhemat listrik dari hal terkecil. Jangan sungkan untuk mematikan peralatan elektronik yang sudah tidak terpakai, supaya penggunaan energi listrik tidak boros dan bisa berhemat.