BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia U-23 bakal berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Merujuk hasil drawing, Garuda Muda tergabung di Grup K dan pertandingan kualifikasi bakal digelar di Vietnam pada 22-26 Maret 2019. Menariknya, di dalam grup itu, Timnas U-23 satu grup dengan Thailand, Vietnam, dan Brunei Darussalam.

Dua negara yang disebut di awal sebelumnya juga menjadi lawan bagi Timnas U-23 pada Februari 2019. Ketika itu, titelnya adalah Piala AFF U-22 2019. Hasilnya, Timnas U-22 pun meraih juara dengan mengalahkan Vietnam 1-0 di babak semifinal dan menang 2-1 atas Thailand di partai final sekaligus mengunci gelar juara.

Namun, selepas turnamen, Thailand mengumumkan jika pemain mereka di Piala AFF U-22 bukanlah merupakan skuat inti. Karena, tim utama mereka disimpan untuk memberikan kejutan kepada Timnas U-23 di babak kualifikasi nanti. Pelatih timnas Thailand, Alexander Gama, menyebut bakal melakukan perombakan di dalam timnya. Begitu juga Vietnam. Mereka menunjuk pelatih baru asal Korea Selatan, Lee Young-jin usai dikalahkan Indonesia dan memanggil tujuh pemain jebolan Piala Asia yang absen pada Piala AFF U-22 lalu.

Tujuh pemain ini tidak dipanggil ke Piala AFF U-22 agar bisa mendapat waktu istirahat usai menjalani turnamen berat di Uni Emirat Arab. Tujuh pemain yang bisa dipanggil Vietnam adalah Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Nguyen Quang Hai, dan Ha Duc Cinh. Satu nama yang akan menjadi sorotan adalah Nguyen Quang Hai yang merupakan pemain terbaik Piala AFF 2018.

Menanggapi hal ini, pelatih Timnas U-23, Indra Sjafri mengaku tak gentar. "Tidak perlu berpendapat lagi. Respons saya, satu, saya bersyukur saya udah pernah berhadapan dengan mereka. Yang kedua, saya bersyukur lagi dia (Vietnam) rombak timnya," ujar Indra di Stadion Madya, Senayan, Rabu (13/3/2019).

Pelatih berdarah Minang itu berfokus untuk menyiapkan strategi agar pemain selalu dalam kondisi bugar saat harus menjalani tiga laga dalam lima hari. "Lalu yang ketiga, ya, kami dengan situasi yang sama, istirahat hanya sehari, dan kami sudah biasakan di sini, dengan turnamen, dengan uji coba nanti kami akan bikin seperti itu. Kami akan bikin dengan interval satu hari," tegas mantan pelatih Bali United itu.


Di Kualifikasi Piala Asia U-23, Timnas Indonesia U-23 akan mengawali perjalanan mereka menghadapi Thailand di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3). Dua hari kemudian, Osvaldo Haay dan kawan-kawan akan menghadapi tuan rumah Vietnam. Pada laga pamungkas, Timnas U-22 ditantang Brunei Darussalam pada (26/3).

Pada babak kualifikasi ini, akan diambil 16 tim yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2020. Empat atau lima slot lainnya bakal bergabung di putaran final melalui runner-up terbaik. Penentuan empat atau lima tim tersebut dilihat dari pencapaian Thailand di Grup K.