BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia U-16 percaya diri tampil di Piala Asia U-16 2018. Hal itu tak lepas dar keberhasilan mereka menrengkuh gelar juara Piala AFF U-16 2018. Garuda Asia berhasil menaklukka raksasa Asia Tenggara, Thailand lewat adu penalti 4-3 setelah bermain imbang 1-1 pada waktu normal di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018).

Adapun Piala Asia digelar di Malaysia pada 20 September hingga 7 Oktober 2018 di Malaysia. Pelatih Fakhri Husaini mengaku timnya sudah siap dengan tantangan yang lebih berat. Apalagi, di kejuaraan tingkat Asia Tenggara, Timnas Indonesia mampu meraih hasil sempurna dengan catatan tujuh kali kemenangan. "Kami optimistis bisa bersaing di Malaysia. Pemain punya mental dan tidak akan terpengaruh dengan tekanan suporter (Malaysia)," ucap Fakhri Husaini.

Fakhri Husaini cuma punya waktu satu bulan untuk persiapan. Menurut pelatih asal Aceh itu, masih ada peluang bagi dirinya untuk melakukan perombakan tim. "Perubahan pemain sangat mungkin ada. Namun, kami terkendala aturan yang mengharuskan memakai pemain yang terdaftar di kualifikas. Ada penambahan pemain baru boleh saja, asal kelahiran 2003. Terkait ini akan kami bicarakan dengan PSSI," tutur Fakhri.

Untuk saat ini, Fakhri belum memikirkan mengenai target dan peluang timnya di Piala Asia U-16. Dia belum bisa menjelaskan soal pemusatan latihan (TC) lanjutan. "Kami ingin istirahat dulu sampai Idul Adha, sambil menikmati kemenangan ini. Soal TC lanjutan belum ada kepastian. Hanya, Sidoarjo adalah tempat yang nyaman bagi kami. Nanti menunggu kabar PSSI," tuturnya.

Sukses Fakhri dan Sejarah Timnas U-16

Bagi Indonesia, ini merupakan gelar pertama di kompetisi Piala AFF U-16. Indonesia sebelumnya pernah masuk final di ajang yang sama pada tahun 2013, tapi saat itu kalah dari Malaysia.

Sementara bagi Fakhri, ini adalah gelar ketiganya selama menukangi timnas U-16. Ia sebelumnya mengantarkan timnas U-16 menjuarai ajang Tien Phong Plastic Cup Tournament 2017 di Vietnam dan turnamen Jenesys U-16 2018 di Jepang. "Terimakasih untuk masyarakat Indonesia yang datang ke Stadion maupun yang meyaksikan di rumah. Dukungan kalian sungguh luar biasa. Penuhnya stadion tadi, membuat semangat pemain meningkat," ucap Fakhri.