BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas basket putra 3x3 diberikan target untuk mendapatkan medali emas di SEA Games 2019 oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) Danny Kosasih. Dirinya menyebutkan kalau pertandingan basket 3x3 baru pertama kali diadakan di SEA Games 2019 Manila, Filipina.

Danny menuturkan sudah menyampaikan target medali itu kepada manajer tim basket putra, Rama Datau. Ia optimistis Rama Datau bisa memenuhi target tersebut. "Saya pasti targetkan medali emas," ujar Danny di Jakarta, Selasa (20/8/2019). Sejauh ini, lanjutnya, pertandingan basket 3x3 masih belum mengetahui kekuatan calon lawan dari negara lain. Walaupun dari Perbasi sudah mematok target emas akan tetapi bisa saja terjadi perubahan setelah berkoordinasi dengan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). "Entah itu naik-turunnya (target) nggak tahu. Naik nggak bisa, turunnya masih bisa."

Senada dengan Danny, pelatih tim basket putra 3x3, Ali Budimansyah tak keberatan dengan target emas yang dipatok Perbasi. Menurut dia, tim yang bisa menjadi lawan terberat bagi Indonesia ialah Filipina, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. "Memang untuk 3x3 ini event pertama di SEA Games," sebut dia. 

Ali mengatakan target membawa pulang emas SEA Games 2019 menjadi tantangan pribadi. Ia menyebutkan telah mengatur program tim basket putra mulai dari latihan, uji coba (try out), sampai seleksi tim. "Kami akan memilih (pemain) the best of the best," kata Ali.