JAKARTA – Perihal pertemuan antara Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya masih menunggu respon dari Korut. Tillerson mengatakan hingga saat ini Korut masih bungkam perihal pertemuan yang rencananya akan dijadwalkan pada bulan Mei 2018 itu dan menyampaikan AS masih akan terus menunggu respon tersebut.

"Kami berharap dapat mendengar langsung dari Pyongyang dalam waktu dekat," ucap Tillerson, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (13/3/2018). Dia lantas mengatakan pertemuan itu menjadi langkah awal dan menuturkan kalau masih banyak langkah penting yang harus dilakukan sebelum perundingan berlangsung, akan tetapi tidak menjelaskan langkah-langkah tersebut.

Sebelumnya, hal senada juga diungkapkan oleh Kementerian Penerangan Korea Selatan (Korsel). Kementerian itu menduga masih bisunya Korut mengenai pertemuan ini merupakan karena mereka bersikap sangatlah hati-hati, dikarenakan kemungkinan Pyongyang masih melakukan pembicaraan secara internal mengenai hal ini.

"Kami belum melihat atau menerima tanggapan resmi dari rezim Korut mengenai KTT Korut-AS. Saya merasa mereka mendekati masalah ini dengan hati-hati dan mereka butuh waktu untuk mengatur pendirian mereka," kata juru bicara kementerian, Baik Tae-hyun.