BREAKINGNEWS.CO.ID - Mantan Menteri ESDM Sudirman Said turut menyoroti dukungan yang diberikan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) kepada calon petahana Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Padahal, pada Pilpres 2014 lalu, TGB sendiri masuk kedalam tim pemenangan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Menanggapi hal itu, Sudirman pun mengatakan jika adanya seseorang yang berpindah pilihan politik itu dinilai wajar. Dirinya pun enggan mengomentari lebih lanjut terkait dengan dukungan TGB kepada Jokowi itu berdasarkan keyakinan atau tidak. "Menurut saya, sebaiknya seseorang itu punya warna dalam hal pilihan politik," ujarnya saat ditemui wartawan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Kendati demikian, dirinya berharap mudah-mudahan dukungan yang diberikan oleh TGB itu berdasarkan karena keyakinan. "Ya mudah-mudahan dukungan itu berpindah bukan karena interest, tapi mudah-mudahan karena keyakinan," katanya.

Selain itu, dirinya juga mengatakan jika dalam kondisi saat sekarang ini, justru yang dibutuhkan banyak tokoh senior yang betul-betul menjaga ideologi, menjaga nilai politik yang saat ini politik kita devisit akan hal itu. Politik kita saat ini menurutnya penuh dengan kepentingan, penuh tekanan dan ketakutan. "Jadi sikap politik yang ditentukan berdasarkan keyakinan pada nilai-nilai itu agar dapat kita perjuangkan terus," tuturnya.

Hal itu menanggapi pernyataan tokoh politik senior PAN Amien Rais yang mengatakan jika dukungan TGB kepada Jokowi itu merupakan keputusan yang keluar dari jalan Allah dan jalan Islam. Namun, Sudirman sendiri enggan mengomentari terkait pernyataan yang dilontarkan oleh Amien tersebut. "Saya jangan komentar itulah," kata Sudriman yang juga mantan calon gubernur Jawa Tengah pada Pilkada Serentak yang berlangsung pada 27 Juni 2018 lalu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Amien Rais menyinggung tokoh yang berpindah posisi dan mendoakan agar tokoh itu kembali ke jalan hidayah, yang dibimbing oleh Allah. Namun TGB sendiri tak membalas sindiran yang dilontarkan oleh Amien tersebut. Dirinya malah memuji balik Amien yang merupakan sebagai tokoh yang sangat dihormatinya. "Beliau tokoh bangsa dan tokoh yang sangat saya hormati," kata TGB.